Jokowi soal Peluang Kaesang Maju Pilkada: Jateng Bagus, DKI juga Bagus

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 16 Jul 2024 12:23 WIB

Jokowi menyebut Jawa Tengah dan Jakarta sama bagusnya bagi Kaesang nan berencana maju Pilgub 2024. Sejauh ini, belum ada partai nan mendukung Kaesang maju. Presiden Jokowi menyebut Jawa Tengah dan Jakarta sama bagusnya bagi Kaesang nan diwacanakan bakal ikut kontenstasi Pilgub 2024. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo merespons kesempatan putra bungsunya, Kaesang Pangarep maju dalam kontestasi Pilkada 2024. Menurutnya tidak ada masalah andaikan Kaesang maju di Jawa Tengah ataupun Jakarta.

"Ya, di Jawa Tengah bagus, di Jakarta juga bagus. Karena ini kan semuanya wilayah Indonesia," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (16/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Nama Kaesang Pangarep nan juga merupakan Ketua Umum PSI belakangan diperhitungkan menjadi salah satu kontestan di Pilkada serentak 2024.

Ia masuk bursa calon kepala wilayah di Pilgub Jakarta dan Jawa Tengah.

Setelah ada Putusan Mahkamah Agung (MA), secara patokan Kaesang dimungkinkan maju sebagai calon gubernur.

Putusan Nomor 23 P/HUM/2024, MA memerintahkan KPU mengubah syarat pemisah usia calon kepala wilayah dari nan semula minimal berumur 30 tahun terhitung sejak penetapan pasangan, menjadi usia 30 tahun terhitung setelah pelantikan pasangan terpilih.

Putusan itu memerintahkan KPU RI mencabut Pasal 4 ayat (1) huruf d PKPU No. 9 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali kota dan Wakil Wali kota.

KPU pun mengikuti putusan MA tersebut. Ketua KPU Hasyim Asy'ari sebelum dipecat mengeluarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 8 Tahun 2024 pada Senin (1/7).

Dalam PKPU disebutkan usia calon gubernur dan calon wakil gubernur minimal 30 tahun dihitung sejak pelantikan.

Dengan begitu, Kaesang telah memenuhi syarat untuk menjadi cagub alias cawagub pada Pilkada 2024. Ia bakal berulang tahun ke-30 pada 25 Desember 2024. Artinya, pada waktu pelantikan kepala wilayah terpilih di 1 Januari 2025 dia berumur 30 tahun 7 hari.

(khr/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional