Jokowi Sudah Teken Dokumen Risma Mundur dari Mensos

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 06 Sep 2024 10:27 WIB

Presiden Jokowi mengaku sudah menyutujui dan meneken surat pengunduran diri Risma dari bangku Menteri Sosial. Presiden RI Joko Widodo saat kunker di Surabaya, Jumat (6/9). (CNN Indonesia/ Farid)

Surabaya, CNN Indonesia --

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan sudah meneken surat mundur (resign Bakal Calon Gubernur Jawa Timur Tri Rismaharini (Risma) dari bangku Menteri Sosial.

"[Risma] sudah mengusulkan pengunduran diri dan sudah saya tandatangani pengunduran dirinya," kata Jokowi di sela meninjau Pasar Soponyono, di Rungkut, Surabaya, Jumat (6/9).

Sehari sebelumnya, Risma tetap tutup mulut saat ditanya soal jadi alias tidaknya rencana dia mendundurkan diri dari posisi Menteri Sosial (Mensos) RI, menyusul pencalonannya di Pilgub Jatim 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Risma menolak berkomentar apapun soal itu. Hal tersebut terjadi saat dia dan wakilnya Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans, usai berkunjung ke makam Raden Rachmat alias Sunan Ampel di Surabaya, Kamis (5/9) siang.

"Nanti saja ya," kata Risma sembari terkekeh.

Saat kembali ditanya apakah pengunduruan dirinya sebagai Mensos belum disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dia mengaku belum mengetahuinya.

"Aku ndak tahu," ucap Risma sembari berbisik.

Diketahui, sebelumnya Risma sempat mengaku segera mengundurkan diri dari posisi Menteri Sosial RI, menyusul pencalonannya di Pilgub Jatim 2024.

"Mundur [dari Mensos]. Saya bakal besok InsyaAllah jika bisa minta waktu Pak Presiden untuk mengundurkan diri," kata Risma di sela kunjungan makam Mbah Bungkul di Surabaya, Kamis (29/8).

Hal itu bakal dilakukan Risma, meski menurutnya tak ada ketentuan nan mengatur menteri kudu mundur dari jabatannya meski berkontestasi di Pilkada. Risma kemudian menemui Jokowi d i Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat (30/8). Namun, pihak istana kala itu menyebut Risma tak menyetor arsip untuk mengundurkan diri.

"Sampai dengan saat ini, Ibu Risma belum menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menteri Sosial," ucap Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana lewat keterangan tertulis, Jumat (30/8).

(frd/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional