Jokowi Tepis Cawe-cawe Golkar: Posisi Airlangga di Kabinet Tak Masalah

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 13 Agu 2024 16:55 WIB

Presiden Jokowi bicara rumor reshuffle dan posisi Airlangga Hartarto di Kabinet Indonesia Maju, usai tak lagi menjadi ketua umum Partai Golkar. Presiden Joko Widodo. (CNN Indonesia/ Khaira Ummah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo menegaskan keputusan Airlangga Hartarto mundur dari Ketua Umum Partai Golkar sepenuhnya masalah internal partai.

Dia juga menyatakan posisi Airlangga sebagai Menko Perekonomian tetap kondusif kendati nan berkepentingan tak lagi menjabat ketua umum Golkar.

"Oh, jika di bawah Kabinet Indonesia Maju saya kira enggak ada masalah," kata Jokowi menjawab soal posisi Airlangga, usai meninjau lapangan latihan PSSI di IKN, Kalimantan Timur, Selasa (13/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam kesempatan itu, Jokowi sekaligus membantah tudingan sejumlah pihak nan menyebut dirinya cawe-cawe alias ikut kombinasi dalam pengunduran diri Airlangga dari pucuk ketua partai berlambang pohon beringin itu.

Ia menegaskan urusan pengunduran diri Airlangga merupakan urusan internal partai, sehingga dirinya tidak terlibat di dalamnya.

"Urusan pak Airlangga itu urusan internal partai. Jadi partai itu ada proses, ada mekanisme, silakan ditanyakan kepada Golkar, kepada pak Airlangga," ujarnya.

Dalam kesempatan nan sama, Menpora sekaligus Ketua DPP Partai Golkar Dito Ariotedjo menyebut hubungan Presiden Jokowi dan Airlangga dipastikan tetap baik-baik saja.

"Baik-baik kok, tadi malam sama pak Jokowi sangat berkawan dan senyum terus, harmonis," ujar Dito.

Airlangga mundur dari posisi Ketua Umum Partai Golkar akhir pekan lalu. Pengumuman itu disampaikan Airlangga melalui sebuah video nan disebarkan pada Minggu (11/8) siang.

Dalam pernyataannya, Airlangga mengatakan Golkar selama ini telah jadi kebanggaan dan kekuatan kerakyatan di Indonesia. Ia pun mengatakan kerakyatan kudu terus dikawal dan dikembangkan.

Merespons keputusan Airlangga, DPP Partai Golkar bakal menggelar rapat pleno pada hari ini untuk memilih Plt Ketua Umum Partai Golkar.

Sejumlah nama juga telah mencuat dalam bursa ketua umum definitif. Salah satu nan paling menonjol adalah Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

(khr/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional