Jubir Akui Kaesang Naik Jet Pribadi ke AS, Nebeng Teman

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Juru bicara Kaesang Pangarep, Francine Widjojo, mengakui bahwa Kaesang dan Erina Gudono naik jet pribadi dalam perjalanan ke Amerika Serikat (AS).

Francine menyebut awalnya Kaesang berencana berangkat ke AS pada 20 Agustus dengan pesawat komersial. Namun, Kaesang dan Erina bertolak ke AS pada 18 Agustus menumpang jet pribadi temannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sebenarnya waktu itu Mas Kaesang itu sudah rencana berangkat ke Amerika di sekitar tanggal 20 Agustus, rencana pakai pesawat komersial," kata Francine di Gedung Lama KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/9).

"Kebetulan ada temannya nan juga berangkatnya searah di tanggal 18 Agustus. Makanya bareng lah, nebeng," imbuhnya.

Namun, Francine enggan membeberkan siapa nama kawan Kaesang itu. Ia juga tidak mengungkap lebih jauh apakah putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) nan meminta akomodasi jet pribadi alias ditawari.

"Tadi sudah disampaikan ke KPK, kelak bisa dikonfirmasi saja ke sana," ujarnya.

Lebih lanjut, Francine mengatakan kehadiran Kaesang ke Gedung KPK kali ini untuk berkonsultasi mengenai dugaan gratifikasi jet pribadi nan dialamatkan ke Kaesang.

Ia menegaskan kehadiran Kaesang bukan atas paksaan alias panggilan dari lembaga antirasuah itu. Kaesang, kata dia, datang atas inisiatif pribadi kendati bukan seorang penyelenggara negara alias pejabat sebagaimana patokan Pasal 12B ayat (1) UU No 31 tahun 1999 jo UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Tipikor.

"Walaupun sebenarnya mas Kaesang ya jika menurut kami ya, ini tidak ada tanggungjawab untuk melaporkan dugaan gratifikasi, lantaran Mas Kaesang juga bukan penyelenggara negara, bukan pejabat negara," ujarnya.

Kaesang terseret kasus dugaan gratifikasi lewat akomodasi jet pribadi. Dugaan gratifikasi itu mulanya terungkap dari unggahan Erina di akun IG @erinagudono.

Erina membagikan foto perjalanannya ke AS dan style hidup mewahnya saat tiba di sana. Pesawat nan digunakan Erina dan Kaesang diduga merupakan jet pribadi lantaran mempunyai corak jendela pesawat nan berbeda dari biasanya.

Sejumlah pihak menduga Kaesang menggunakan jet pribadi Gulfstream G650E milik Garena, perusahaan asal Singapura.

(khr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional