Jubir Anies soal RK Borong Partai di Jakarta: Kita Belum Tahu Esok

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 19 Agu 2024 17:53 WIB

Juru Bicara Anies Baswedan mengatakan pendaftaran bakal paslon dibuka pada 27-29 Agustus 2024. Segala kemungkinan tetap bisa terjadi. Deklarasi Ridwan Kamil-Suswono oleh KIM plus. Jubir Anies Baswedan mengatakan pendaftaran bakal paslon dibuka pada 27-29 Agustus 2024, belum tahu apa nan terjadi esok. (CNN Indonesia/ Muhammad Naufal)

Jakarta, CNN Indonesia --

Juru Bicara Anies Baswedan, Sahrin Hamid, menjawab diplomatis soal pencalonan gubernur-wakil gubernur di Pilgub DKI Jakarta 2024.

Hal ini dia sampaikan ketika ditanya tentang pasangan Ridwan Kamil-Suswono nan memborong nyaris seluruh partai politik nan mempunyai bangku di DPRD Provinsi DKI Jakarta.

"Kita belum tahu apa nan bakal terjadi besok," kata Sahrin kepada CNNIndonesia.com, Senin (19/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sahrin mengatakan pendaftaran bakal pasangan calon Pilgub Jakarta baru dibuka pada 27-29 Agustus 2024. Ia beranggapan partai nan berasosiasi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) berkonsekuensi mengikuti agenda politik koalisi tersebut.

"Namun, nan patut diperjuangkan adalah gimana agar bunyi penduduk bisa terdengar, kerakyatan tumbuh subur dan sehat," kata dia.

Hari ini, KIM plus telah mendeklarasikan Ridwan Kamil-Suswono sebagai bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta untuk Pilkada 2024. KIM merupakan koalisi pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Koalisi ini beranggotakan Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PSI, PBB, Gelora, dan Garuda. Namun, seiring berjalannya waktu, muncul wacana 'KIM plus' dengan membujuk partai lain bergabung.

Mereka nan menyatakan berasosiasi dengan gerbong KIM ialah PKS, PKB, NasDem, Perindo dan PPP. PKS, PKB, dan NasDem merupakan partai pengusung Anies di Pilpres 2024.

Dengan demikian, nyaris seluruh parpol nan mempunyai bangku di DPRD DKI Jakarta gabung dengan KIM, selain PDIP. PDIP pun tak bisa mengusung calon sendiri di Pilgub DKI Jakarta 2024.

(rzr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional