Jubir Enggan Ungkap Siapa Teman Kaesang Pemilik Jet Pribadi

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 17 Sep 2024 14:54 WIB

Jubir enggan mengungkap siapa pemilik jet pribadi nan ditumpangi Kaesang dan istri Erina Gudono ke Amerika Serikat (AS). Jubir enggan ungkap siapa pemilik Jet pribadi nan ditebengi Kaesang putra Jokowi ke AS. (AFP/BAY ISMOYO)

Jakarta, CNN Indonesia --

Juru bicara Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, Francine Widjojo, enggan mengungkap siapa pemilik jet pribadi yang ditumpangi Kaesang dan istri Erina Gudono ke Amerika Serikat (AS). Francine hanya menyebut jet pribadi itu milik kawan Kaesang.

Francine mengatakan info soal jet pribadi nan ditumpangi putra Presiden Joko Widodo itu telah disampaikan ke KPK.

"Tadi sudah disampaikan ke KPK, kelak bisa dikonfirmasi saja ke sana," kata Francine di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (17/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia mengatakan awalnya Kaesang berencana berangkat ke AS pada 20 Agustus dengan pesawat komersial. Namun, Kaesang dan Erina bertolak ke AS pada 18 Agustus menumpang jet pribadi temannya.

"Sebenarnya waktu itu Mas Kaesang itu sudah rencana berangkat ke Amerika di sekitar tanggal 20 Agustus, rencana pakai pesawat komersial," kata Francine.

"Kebetulan ada temannya nan juga berangkatnya searah di tanggal 18 Agustus. Makanya bareng lah, nebeng," imbuhnya.

Lebih lanjut, Francine mengatakan kehadiran Kaesang ke Gedung KPK hari ini untuk berkonsultasi mengenai dugaan gratifikasi jet pribadi.

Ia menyebut kehadiran Kaesang bukan atas paksaan alias panggilan dari lembaga antirasuah itu.

Kaesang, kata dia, datang atas inisiatif pribadi kendati bukan seorang penyelenggara negara alias pejabat sebagaimana patokan Pasal 12B ayat (1) UU No 31 tahun 1999 jo UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Tipikor.

"Walaupun sebenarnya mas Kaesang ya jika menurut kami ya, ini tidak ada tanggungjawab untuk melaporkan dugaan gratifikasi, lantaran Mas Kaesang juga bukan penyelenggara negara, bukan pejabat negara," ujarnya.

Kaesang terseret kasus dugaan gratifikasi lewat akomodasi jet pribadi. Dugaan gratifikasi itu mulanya terungkap dari unggahan Erina di akun IG @erinagudono.

Erina membagikan foto perjalanannya ke AS dan style hidup mewahnya saat tiba di sana. Pesawat nan digunakan Erina dan Kaesang diduga merupakan jet pribadi lantaran mempunyai corak jendela pesawat nan berbeda dari biasanya.

Sejumlah pihak menduga Kaesang menggunakan jet pribadi Gulfstream G650E milik Garena, perusahaan asal Singapura.

(yoa/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional