Jubir RK-Suswono: Program Rp100-200 Juta per RW Tak Dipukul Rata

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 11 Sep 2024 10:07 WIB

Jubir RK-Suswono menyampaikan anggaran nan bakal diberi ke Rukun Warga (RW) Jakarta Rp100-200 juta per RW takkan dipukul rata. Jubir RK-Suswono ungkap peruntukan biaya Rp100-200 juta untuk setiap RW di Jakarta. (ANTARA FOTO/FAUZAN)

Jakarta, CNN Indonesia --

Juru Bicara Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), Fahlino Sjuib menyampaikan anggaran nan diberikan ke setiap Rukun Warga (RW) pada program Rp100-200 juta per RW takkan dipukul rata.

Ia menyebut anggaran nan diberikan ke setiap RW akan memandang terlebih dulu wilayahnya. Pemda pun bakal meninjau lebih lanjut.

"Tidak semua RW dapat alokasi nan sama. Nanti bakal disesuaikan lantaran tiap RW mempunyai masyarakat dengan status sosial-ekonomi nan berbeda-beda," kata Fahlino dalam keterangannya, Rabu (11/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Fahlino menyebut program ini mempunyai multiplier effect nan positif terhadap kehidupan warga. Ia mengatakan program itu bakal membikin penduduk semakin berperan-serta aktif dalam membangun daerahnya.

"Karena setiap penduduk dituntut berperan-serta aktif dalam memanfaatkan biaya untuk membiayai program pembangunan nan telah disepakati," ucap dia.

Ia menyampaikan program ini menitikberatkan pada transformasi birokrasi dan hasil perbincangan dengan masyarakat atas kebutuhan mereka.

Fahlino pun mengatakan pendapat program ini merupakan corak kepercayaan RIDO terhadap masyarakat dalam menentukan prioritas kebutuhannya.

Ia mengaku program ini juga telah terbukti sukses diterapkan RK kala menjabat sebagai Wali Kota Bandung dulu.

"Karena masyarakat nan paling memahami apa nan dibutuhkan daerahnya," ujarnya.

RK menjadi salah satu kontestan di Pilkada Jakarta 2024. Ia berpasangan dengan kader PKS, Suswono.

Salah satu program nan diusung adalah memberikan duit sekitar Rp100 hingga Rp200 juta ke RW jika terpilih nanti.

RK menyebut pemberian duit ke RW itu membikin masyarakat pun meningkatkan keturutsertaan mereka dalam memikirkan daerahnya.

Selain memberikan anggaran, RK juga menyampaikan bakal meningkatkan penghasilan RW dan RT di Jakarta secara berkeadilan.

"Terjadi perdebatan. Ini duit dari pak gubernur mau diapain? apa ngurusin selokan? apa bikin gerbang? apa bikin modal UMKM penduduk RW-nya?" kata RK di Jakarta Timur, Jumat (6/9).

(mnf/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional