Kader Gerindra dan PDIP Siap Tarung di Pilkada Lampung 2024

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Bandarlampung, CNN Indonesia --

Ketua DPD Partai Gerindra Lampung, Rahmat Mirzani Djausal menyatakan bakal maju sebagai calon gubernur Lampung pada Pilkada 2024.

Pria nan berkawan disapa Mirza itu sudah mengikuti penjaringan di Partai NasDem dan PAN.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pengembalian blangko pendaftaran di DPW PAN dan NasDem tersebut, tentunya menjadi salah satu langkah awal dalam proses pencalonan kepala wilayah Lampung untuk Pilkada 2024 mendatang," kata Mirza, Senin (13/5).

Mirza mengajak PAN berkoalisi seperti nan dilakukan pada Pilpres 2024 lalu. Ia pun berencana mengikuti penjaringan calon di PDIP.

"Gerindra dan PAN mempunyai presiden sama, ialah Prabowo Subianto nan menunjukkan sinergi antara kedua partai dalam konteks nasional," ujarnya.

Sementara itu mantan Bupati Tulangbawang Barat nan juga kader PDIP Umar Ahmad juga mengikuti penjaringan calon gubernur di Kantor DPW PAN dan NasDem Lampung.

Tim penghubung Umar Ahmad, Nurmizan mengatakan blangko pendaftaran Umar Ahmad sebagai calon gubernur telah diserahkan kepada Ketua Tim penjaringan DPW PAN dan DPW NasDem Lampung. 

"Karena ada perihal lain, jadi beliau (Pak Umar) tidak bisa datang mengembalikan blangko pendaftaran calon kepala daerah. Penting bagi Pak Umar Ahmad untuk bisa bersama-sama dengan PAN, ya agar 12 pas," kata Nurmizan.

Alasan Umar Ahmad mengikuti penjaringan di PAN, kata Nurmizan, lantaran partai nan dipimpin ZulkifliHasanitu punya mesin politik nan cukup baik dan solid.

"Pada survei Pilpres dan Pileg 2024, PAN diprediksi tidak lolos ke Senayan. Tapi faktanya, PAN justru melampaui. Artinya, kami tidak pernah memandang sebelah mata," ujarnya.

Bursa Pilkada Lampung juga diramaikan beberapa tokoh senior politik Lampung. Seperti dari Partai Golkar, ialah Hanan A Rozak, Arinal Djunaidi, dan Alzier Dianis Thabranie.

Selain itu juga, Herman HN (NasDem), Edy Irawan Arief (Demokrat), Yusuf Kohar (Wakil Wali Kota Bandarlampung 2016-2021). Kemudian kader PAN Helmi Hasan, Irfan Nuranda Djafar dan Khairul Mukhtar.

Provinsi Lampung dan 15 kabupaten/kota bakal mengikuti Pilkada serentak nasional pada 27 November 2024 mendatang.

Pendaftaran pasangan calon kepala wilayah bakal dibuka KPU pada 27-29 Agustus 2024. Kemudian untuk penetapan pasangan calon dijadwalkan pada 22 September 2024.

Sedangkan untuk masa kampanye berjalan selama 60 hari terhitung sejak tanggal 25 September sampai 23 November. Masa tenang pada 24-26 November 2024.

(zai/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional