Kaesang Diduga Naik Jet Pribadi, Paus Fransiskus Justru Pakai Pesawat Komersil ke Indonesia

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia menjadi momen berhistoris bagi umat Katolik Tanah Air. Pimpinan Gereja Katolik sedunia itu bakal berada di Indonesia selama empat hari, mulai dari 3-6 September 2024.

Presiden Jokowi pun mengucapkan selamat datang kepada bagi Fransiskus nan telah tiba di Tanah Air pada Selasa siang, 3 September 2024. “Kunjungan ini adalah kunjungan nan sangat bersejarah. Saya atas nama rakyat Indonesia menyambut hangat dan terima kasih atas kunjungan nan teramat mulia Paus Fransiskus ke Indonesia,” katanya di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 3 September 2024.

Momen berhistoris lawatan Paus Fransiskus ke Indonesia juga menjadi keteladanan bagi masyarakat, terutama dalam perihal kesederhanaan. Dalam perjalanan ke Tanah Air, ketua umat Katolik itu lebih memilih menggunakan pesawat komersial daripada jet pribadi. 

Bahkan, Paus Fransiskus juga memilih untuk menginap di Kedutaan Vatikan daripada di hotel mewah dengan akomodasi president suites. Dia sudah meminta agar disiapkan bilik rehat nan sederhana dengan makanan Italia nan biasa dia makan.

Tak hanya itu, Paus Fransiskus pun menolak menggunakan mobil kepresidenan bermerek Mercedes-Benz. Dia mau panitia menyiapkan mobil nan biasa digunakan oleh masyarakat di Jakarta. Karena itu, disiapkanlah dua mobil bermerek Kijang Innova.

Sejak April 2024 Vatikan mengumumkan bahwa Paus Fransiskus bakal bertandang ke Indonesia, Nuntio Apostolik alias Kedutaan Besar Vatikan di Indonesia mempersiapkan segala kebutuhan kehadiran Paus. Namun, hanya satu permintaan unik dari Takhta Suci Vatikan kepada Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) ketika Paus Fransiskus berjamu ke Indonesia, ialah tak ada sambutan dan akomodasi mewah.

Karena itu, lawatan Paus Fransiskus ke Indonesia ini dipenuhi dengan hal-hal sederhana. Mulai dari menumpangi pesawat komersial, menginap di Kedutaan Vatikan, menggunakan mobil Kijang Innova, hingga makanan Italia biasa.

Kaesang Diduga Gunakan Jet Pribadi ke AS

Kesederhanaan Paus Fransiskus membikin warganet di media sosial Indonesia terkenang bakal putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Belum lama ini, Ketua Umum Partai Solidaritas (PSI) Indonesia itu ramai diperbincangkan usai diduga pelesiran ke Amerika Serikat berbareng istrinya, Erina Gudono, menggunakan jet pribadi berjenis Gulfstream G650.

Iklan

Kabar ini mencuat di media sosial setelah salah satu warganet di akun X mengunggah tangkapan layar IG Story Erina berupa sebuah foto jendela pesawat pada Rabu, 21 Agustus 2024. Warganet itu menduga, Kaesang dan Erina pergi ke AS menggunakan jet pribadi lantaran jendela pesawat nan tidak terlihat seperti jendela pesawat komersil pada umumnya. 

“Also Erina Gudono pembaruan her story dari jendela pesawat nan diyakini itu bukan pesawat komersil. The irony,” tulis seorang warganet dengan akun @aglioeoliopasta.

Dugaan warganet semakin kuat setelah memandang postingan di cerita IG dari Nadya Sofia Gudono, kakak Erina, nan mengunggah foto dari area kokpit pesawat. Warganet kemudian menelusuri dan menemukan bukti bahwa jendela pesawat tersebut cocok dengan jendela pada pesawat jet pribadi Gulfstream.

“Pesawat pribadi (private jet) nan diduga dipakai Kaesang dan istrinya ke Amerika Serikat dari Indonesia adalah Gulfstream G650 buatan tahun 2021 dengan tail number N588SE. Data penerbangan cocok dengan keberadaan Kaesang dan Erina di AS. Clue awal dari jendela,” kata @ZakkiAmali dalam utasnya.

Gaya hidup mewah nan dilakukan Kaesang dan Erina pun menuai banyak kritik dari warganet di media sosial Indonesia. bahkan, masalah tersebut berujung membikin keduanya diduga menerima gratifikasi hingga dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Daniel A. Fajri, Francisca Christy dan Rizky Dewi Ayu berkontribusi dalam penulisan tulisan ini.

Pilihan Editor: Paus Fransiskus ke Indonesia, Luhut Buka Memori saat Kawal Paus Yohanes Paulus II pada 1989

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis