Kaesang Pangarep, Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi, dan 17 Bisnisnya

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, menjadi sorotan media asing usai mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa, 17 September 2024. Dia datang setelah sempat dipanggil atas dugaan gratifikasi jet pribadi sejak akhir Agustus lalu.

Ia datang berbareng dengan kuasa norma dan ahli bicaranya. Kaesang mengatakan kedatangannya kali ini adalah corak inisiatif sebagai penduduk negara indonesia nan alim hukum, bukan lantaran dipanggil.

"Meskipun sebenarnya, saya tidak ada kewajiban" kata anak Jokowi itu kepada wartawan di Gedung KPK, Selasa pagi. 

Pada 11 September lalu, Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango menegaskan KPK bakal mengejar dugaan gratifikasi jet pribadi nan diterima anak bungsu Presiden Joko Widodo itu. Selain Kaesang Pangarep, dugaan gratifikasi akomodasi jet pribadi juga diterima oleh menantu Jokowi nan juga menjabat Wali Kota Medan, Bobby Nasution.     

Nawawi memastikan proses pemeriksaan dugaan gratifikasi nan diterima Kaesang Pangarep dan Bobby Nasution bakal berlanjut. Keduanya, kata Nawai, juga bakal dipanggil untuk dimintai keterangan.

"Pasti, hanya apakah dia duluan kelak bisa dilihat nanti. Kami kejar terus, lebih sigap lebih bagus," ujar Nawawi di gedung KPK, Rabu, 11 September 2024.

Saat ini proses penanganan dua perkara dugaan gratifikasi itu berada di Direktorat Pelayanan Pelaporan dan Pengaduan Masyarakat (PLPM) KPK. 

Sebelumnya, dugaan gratifikasi itu sempat bakal diproses di Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK nan dipimpin Pahala Nainggolan. Deputi ini berkuasa memeriksa Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN). "Masih ditelaah di Direktorat PLPM. Nggak berakhir itu, kami hanya mindahin," ujar dia.

17 Bisnis Milik Kaesang Pangarep

Berdasarkan catatan Tempo, berikut ini 17 upaya milik Kaesang. 

1. Sang Pisang

Daftar upaya Kaesang nan pertama adalah Sang Pisang. Produk dari upaya ini menawarkan jajanan manis berbahan baku pisang nan diolah menjadi nugget. Gerai pertamanya dibuka pada November 2017 silam dan telah tersebar di beragam wilayah di Indonesia hingga Malaysia. Beberapa waktu lalu, Sang Pisang melakukan rebranding pada salah satu gerainya nan berlokasi di Depok, Jawa Barat.

2. iColor

iColor adalah upaya Kaesang nan bergerak di bagian jasa perbaikan (service) produk buatan Apple, seperti Macbook, iPhone, iMac, dan iPad. Selain itu, upaya nan telah beraksi sejak 2010 itu juga menjual suku cadang peralatan elektroniknya.

3. MangkokKu

Ini adalah upaya nan Kaesang bangun dengan bekerja-sama berbareng jurumasak profesional, Arnold Poernomo. Adapun produk upaya nan dihasilkan adalah berupa makanan berkemasan mangkok alias rice bowl. Menu unggulannya adalah nasi dengan beragam macam lauk pauk bercita rasa Nusantara. 

4. Tugas Negara Bos

Selain kuliner, lulusan Singapore University of Social Sciences itu juga membuka upaya konveksi nan berkonsentrasi pada produksi jas hujan dan kaos. Bisnis sampingan nan mulai digarap pada 2017 berbareng teman-temannya itu, diberi nama Tugas Negara Bos. Penjualan produknya sendiri menggunakan jasa e-commerce, seperti Tokopedia.

5. Markobar

Di antara beberapa bisnisnya, Markobar adalah upaya Kaesang dan Gibran nan paling terkenal hingga saat ini. Nama Markobar sendiri berasal dari singkatan Martabak Kotta Barat nan telah eksis sejak 1996. Seperti namanya, upaya ini menjual produk makanan berupa martabak nan mempunyai beragam jenis topping.

6. Kerjaholic

Kerjaholic adalah aplikasi unik pencari kerja untuk membantu lulusan baru (fresh graduate) nan mau membangun relasi dengan pekerja berpengalaman. Sayangnya, penggunaan platform tersebut hanya terbatas untuk wilayah Surakarta, Yogyakarta, dan Semarang. 

7. Let’s Toast

Sesuai dengan namanya, Let’s Toast mengandalkan penjualan produk roti bakar. Tidak hanya makanan, gerai nan cocok untuk nongkrong berbareng teman-teman tersebut juga menyediakan minuman pendamping, seperti kopi dan susu.

Iklan

8. Enigma Camp

Enigma Camp merupakan penyedia jasa training di bagian pengembangan pengetahuan IT dan pemrograman komputer. Meski menawarkan pengetahuan tentang teknologi, biaya nan dipatok diklaim terjangkau agar dapat dinikmati semua kalangan. 

9. Hompimpa Games

Hompimpa Games adalah salah satu daftar upaya Kaesang Pangarep. Bisnis ini dibangun Kaesang berbareng Erwin Skripsiadi untuk mengeluarkan produk kartu serupa permainan monopoli. Untuk mendapatkannya, pembeli kudu menyiapkan duit Rp100 ribu.

10. Chili Pari

Chili Pari adalah upaya kuliner nan diluncurkan pada Desember 2010 lampau nan menyediakan jasa catering untuk beragam acara. Menu masakan nan disajikan berfokus pada resep makanan tradisional Jawa. Bisnis itu juga merupakan hasil kerja sama dengan sang kakak sekaligus Wali Kota Solo saat itu, Gibran Rakabuming Raka.

11. TernaKopi

Seperti namanya, upaya Kaesang Pangarep berikut ini konsentrasi dengan menjajakan minuman kekinian berbahan dasar kopi. Bersama dengan putra sulung Presiden Jokowi, ialah Gibran, dia merilis TernaKopi pada April 2019. Sayangnya, upaya minuman milik Kaesang ini sedang ditutup sementara dan direncanakan bakal melakukan rebranding.

12. Truz Official

Truz Official adalah upaya Kaesang nan bergerak di sektor mode alias fashion. Bisnis ini menawarkan produk busana berupa hoodie dan kaos bertema skaters. 

13. Ternak Lele

Selain bumi kuliner dan konveksi, Kaesang juga melebarkan sayap bisnisnya ke bumi peternakan dan perikanan. Dia mulai merintis upaya ternak lele sejak Februari 2019.

14. Aplikasi Madhang

Aplikasi besutan suami Erina Gudono berbareng Universitas Dian Nuswantoro Semarang ini berkedudukan sebagai penghubung antara upaya kuliner rumahan dengan pembeli. Aplikasi berbasis Android itu dirilis pertama kali pada Desember 2017 lalu. Namun, upaya ini tampaknya telah gulung tikar lantaran media sosial Instagramnya nan sudah tidak beraksi sejak 2020 lalu.

15. Sang Javas

Selain Tugas Negara Bos dan Truz Official, putra bungsu Presiden Jokowi tersebut juga membangun upaya konveksi lain nan berjulukan Sang Javas. Uniknya, upaya nan berdiri sejak Agustus 2017 lampau itu menyebut pelanggannya dengan julukan ‘Kecebong’. Tetapi, andaikan memandang pada media sosial Instagramnya, upaya ini sudah tidak lagi aktif sejak 2020.

16. Siapmas

Sejak Agustus 2019, Kaesang berbareng Gibran melebarkan usahanya dengan membangun upaya pembuatan makanan ringan. Makanan dan minuman ringan nan ditawarkan datang dengan beragam merek nan berbeda, seperti Kemripik, Ngedrink, serta Pik Kripik. 

17. Goola

Daftar upaya Kaesang nan selanjutnya adalah Goola. Salah satu upaya nan dibangun berbareng Gibran ini bergerak di bagian kuliner dengan menjual minuman tradisional unik Indonesia. Hanya saja, agar lebih menarik minat anak muda, kemasannya dibuat lebih modern. Sayangnya, upaya ini tampaknya sudah tidak melangkah sejak November 2020.

MICHELLE GABRIELA  | DEDE LENI MARDIANTI | ADIL AL HASAN |  KHUMAR MAHENDRA | AMELIA RAHIMA SARI | SULTAN ABDURRAHMAN

Pilihan Editor: Klarifikasi Kaesang Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi di KPK, Berikut Profil Anak Jokowi, Adik Gibran, dan Adik Ipar Bobby Nasution

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis