KAI Beralih dari Bantalan Kayu ke Sintetis untuk Keselamatan Operasi Kereta Api

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

TEMPO.CO, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias KAI mengganti komponen prasarana kereta api, khususnya pada konstruksi rel kereta di jembatan baja, nan sebelumnya menggunakan alas dari bahan kayu menjadi bahan sintetis. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung keberlanjutan lingkungan serta keamanan operasi kereta api.

"Biasanya alas rel pada jembatan baja menggunakan kayu lantaran lebih ringan dibanding bahan beton nan berat. Saat ini KAI melakukan penemuan mengganti alas kayu menjadi alas sintetis, lantaran jauh lebih ramah lingkungan,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan tertulis nan diterima Tempo pada Rabu, 23 Oktober 2024.

Anne mengatakan, KAI melakukan pengadaan alas sintetis sebanyak 5.656 batang pada 2022. Jumlah pengadaan meningkat menjadi 16.353 batang pada 2023. Kemudian, di tahun 2024, KAI memprogramkan mengganti 15.864 batang kayu menjadi sintetis.

Dengan penemuan ini, KAI berambisi dapat mengurangi ketergantungan pada bahan baku kayu nan berasal dari hutan, sekaligus memperpanjang umur infrastruktur rel kereta.

“KAI menargetkan mengganti seluruh alas kayu pada bangunan jembatan baja menjadi berbahan sintetis di tahun ini. Masa penggunaan bahan sintetis bakal lebih lama dibandingkan dengan bahan kayu, sehingga KAI dapat lebih efisien dalam pembiayaan perawatan prasarananya,” ujarnya.

Iklan

Anne menjelaskan KAI juga memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan dalam keputusan mengganti alas kayu dengan alas sintetis. Untuk memastikan material sintetis memenuhi spesifikasi teknis, KAI telah melakukan serangkaian pengujian, termasuk uji kekuatan lentur, modulus young, ketahanan beban lentur, ketahanan tekan longitudinal, kekuatan geser, kekuatan geser lekat, tegangan tembus arus bolak-balik, resistansi isolasi arus searah, kekuatan cabut screw spike, pengukuran dimensi, ketahanan api, ketahanan fatik, dan ketahanan terhadap cuaca.

"Semakin banyak alas sintetis nan dipakai, tentunya batang pohon nan diselamatkan dari pembalakan juga semakin banyak. Selain itu, dengan menggunakan alas sintetis dapat meningkatkan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api,” imbuhnya.

Pilihan Editor: Anindya Bakrie Sebut Kadin Akan Ikut Prabowo Safari ke Luar Negeri: Urusan Investasi

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis