Kantor Pusat Polri Dibangun di IKN, 1.667 Personel Dipindahkan

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 12 Jun 2024 04:30 WIB

Kantor Pusat Polri di IKN bakal ditempati oleh Pejabat Utama Mabes Polri dan jejeran nan bakal mendampingi Presiden dan Wakil Presiden. Wakapolri Komjen Agus Andrianto mengatakan pihaknya tengah membangun Kantor Pusat alias Markas Komando di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. (Biro Humas Setjen Kemhan)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakapolri Komjen Agus Andrianto mengatakan pihaknya tengah membangun Kantor Pusat alias Markas Komando di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Sebanyak 1.667 personel Polri bakal dipindahkan.

Agus mengatakan Kantor Pusat tersebut bakal ditempati oleh Pejabat Utama Mabes Polri dan jejeran nan bakal mendampingi Presiden dan Wakil Presiden.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Polri telah menyiapkan instansi pusat saat ini sudah tayang lelang. Di mana bakal diisi oleh PJU dan staf nan bakal berkantor berbareng Presiden di area inti pusat pemerintahan," ujar Agus saat menjawab kesiapan perpindahan ke IKN dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR, Selasa (11/6).

Agus menyebut saat ini pihaknya juga tengah mempersiapkan Kantor Polrestabes, empat Kantor Polsek hingga Gedung unik SPKT. Menurutnya, Polres dan Polsek itu nantinya juga bakal difungsikan sebagai sistem keamanan di IKN.

Mantan Kabareskrim itu mengatakan Polri juga bakal membangun pusat kendali operasi alias command center nan terintegrasi dengan aplikasi Smart Security di Markas Polrestabes IKN.

"Pengendaliannya bakal dilaksanakan oleh personel campuran Mabes Polri tingkat nasional, Polda Kaltim dengan regional, dan Polrestabes IKN ditingkat ibu kota," ujarnya.

Lebih lanjut, Agus mengatakan sampai saat ini terdapat 1.667 personel Polri nan sudah siap untuk dipindahkan ke IKN pada tahun 2024.

"Terdiri dari jumlah personel pada instansi pusat sebanyak 700 personel, dan personel pada sistem sebanyak 967 personel," katanya.

(tfq/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional