Kapal Angkut 16 Penumpang - Kopra 3 Ton Tenggelam di Tanimbar

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 12 Sep 2024 23:59 WIB

Sebuah kapal kayu mengangkut belasan penumpang dilaporkan tenggelam di sekitar perairan Kepulauan Tanimbar, Maluku, pada Kamis (12/9). Sebuah kapal kayu mengangkut belasan penumpang dilaporkan tenggelam di sekitar perairan Kepulauan Tanimbar, Maluku, pada Kamis (12/9). Ilustrasi. (iStockphoto/Lisa-Blue).

Ambon, CNN Indonesia --

Sebuah kapal kayu nan mengangkut belasan penumpang dilaporkan tenggelam di sekitar perairan Egron, Desa Adaut, Kecamatan Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, sekitar pukul 07:30 WIT, Kamis (12/9).

Kepala Polsek Selaru Iptu Sabarlele mengatakan, selain 16 penumpang, penumpang, kapal kayu dengan nama lambung KM Dausa itu juga membawa satu unit sepeda motor, tiga ton kopra, satu ton rumput laut, dan sejumlah peralatan proyek jalan di Kecamatan Selaru milik perusahaan PT Windu.

Kapal kayu sempat berlayar dengan kondisi cuaca jelek dari Pelabuhan Tutukratu, Desa Adaut menuju Pelabuhan Saumlaki arah selatan Egron alias berjarak 1,5 mil

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun di tengah-tengah perjalanan, badan kapal diterjang gelombang dan angin kencang membikin kapal oleng dan terbalik. Para penumpang pun berenang di atas tumpukan barang-barang muatan kapal nan hanyut.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Para penumpang nan berjumlah kurang lebih sekitar 16 (enam belas) orang, ditambah 4 (empat) orang nakhoda dan ABK kapal, seluruhnya dapat diselamatkan,"ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (12/9).

Ia bilang otoritas pelabuhan sempat mengingatkan nakhoda mengenai muatan kapal agar tidak melampaui kapabilitas mengingat tetap terjadi gelombang tinggi. Namun, nahas kapal kayu itu tenggelam akibat kelebihan muatan.

"Sudah diperingatkan oleh pihak Syahbandar dan KP3 Pelabuhan Adaut agar proses muatan peralatan di atas kapal tidak boleh melebih kapasitas, mengingat saat ini kondisi cuaca sering berubah-ubah,"imbuh dia.

[Gambas:Video CNN]

Saat menerima laporan kapal tenggelam, abdi negara Polsek Selaru dikerahkan ke lokasi. Setibanya, polisi dan masyarakat langsung mengevakuasi para penumpang dengan kondisi gelombang tinggi.

Polsek Selaru mengimbau kepada nakhoda kapal nan melayani antar pulau untuk memperhatikan keselamatan. Ia juga meminta nakhoda untuk berkoordinasi dengan otoritas pelabuhan mengenai kondisi cuaca sebelum memutuskan berlayar.

(sai/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional