Kapan Pembukaan Pendaftaran Seleksi CPNS 2024? Ini Informasinya

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaPendaftaran seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) direncanakan bakal dibuka pada Juni alias Juli 2024. 

“Untuk penyelenggaraan seleksi CASN 2024, diagendakan dilaksanakan mulai Juni alias Juli sesudah lembaga menerima Surat Keputusan (SK) Menpan RB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) mengenai penetapan susunan ASN,” kata Menpan RB Abdullah Azwar Anas dalam konvensi pers pengadaan ASN 2024 di Jakarta, Jumat, 3 Mei 2024. 

Setelah mendapatkan SK tersebut, lembaga pemerintah bakal berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk pengumuman lebih lanjut mengenai lowongan susunan dan persiapan seleksi. 

Anas berharap, sudah ada pengumuman mengenai waktu dan letak seleksi kompetensi dasar (SKD) pada awal Juli. 

“Namun, untuk kepastian agenda pengumuman, pendaftaran, dan tes seleksi tetap berkarakter bergerak mengikuti perkembangan nan ada,” ucapnya. 

Daftar Formasi CPNS 2024

Sebanyak 1.289.824 susunan CPNS dan PPPK nan telah disetujui Kemenpan RB, meliputi 427.650 di lembaga pusat dan 862.174 di lembaga daerah, termasuk talenta digital nan bakal ditempatkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan pemerintah wilayah (Pemda). 

Formasi tersebut berasal dari 602 lembaga nan telah melakukan perincian ke dalam Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN) BKN per Kamis, 2 Mei 2024 pukul 20.10 WIB. 

Total usulan susunan sebanyak 1.289.824 itu untuk memenuhi kebutuhan 2,3 juta ASN secara bertahap. Dari hasil verifikasi dan pengesahan oleh BKN, sebanyak 2.906 talenta digital bakal ditempatkan di IKN, sedangkan pemenuhan talenta digital di Pemda sebesar 19.817 formasi. 

Anas merinci, unik sumber daya manusia (SDM) abdi negara pengawasan intern pemerintah (APIP) sebesar 794 nan terdiri atas 491 auditor dan 301 pengawas penyelenggaraan urusan pemerintahan di wilayah (P2UPD). Sementara pemenuhan SDM nan ditugaskan di IKN sebanyak 71.643 formasi. 

“Jumlah itu terdiri dari 14.114 CPNS dan 57.529 PPPK,” ujar Anas. 

Syarat Daftar Seleksi CPNS 2024

Anas juga menegaskan agar masyarakat tidak percaya kepada pihak manapun nan menjanjikan kelulusan. Dia menyebut seleksi CPNS dan PPPK menjunjung tinggi transparansi dan akuntabilitas. 

“Contohnya live score hasil tes di Kantor BKN. Peserta tes ada di dalam gedung, sedangkan orang tua bisa memandang langsung hasilnya secara real-time (berkala). Dengan adanya live score yang ditayangkan di YouTube, maka tidak ada titipan orang dalam,” kata Anas. 

Adapun syarat mengikuti seleksi CASN sebagaimana Pasal 5 Peraturan Menpan RB Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai berikut:

Iklan

- Minimal usia 18 tahun dan maksimal 35 tahun ketika mendaftar.

- Tidak pernah dijatuhi balasan pidana penjara sesuai dengan putusan lembaga pengadilan nan berkekuatan norma tetap lantaran tindak pidana dengan pidana penjara dua tahun alias lebih.

- Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri alias tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), personil Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), alias diberhentikan tidak dengan hormat sebagai tenaga kerja swasta.

- Tidak berstatus sebagai CPNS, PNS, prajurit TNI, alias personil Polri.

- Tidak menjadi anggota, pengurus partai politik (parpol), alias terlibat politik praktis.

- Mempunyai kualifikasi pendidikan sebagaimana ketentuan kedudukan nan dilamar.

- Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan ketentuan kedudukan nan dilamar.

- Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) alias negara lain nan telah ditetapkan oleh lembaga pemerintah.

- Persyaratan lain mengenai seleksi sesuai dengan kebutuhan kedudukan nan ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). 

MELYNDA DWI PUSPITA 

Pilihan Editor: Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024 Dibuka hingga 13 Juni, Simak Cara Pendaftaran dan Jadwal Seleksinya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis