Kebakaran di Kawasan Hutan Gunung Tangkuban Parahu Belum Padam

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 05 Sep 2024 16:44 WIB

BPBD Bandung Barat menyarankan pengelola menutup area wisata Gunung Tangkuban Parahu lantaran api nan tetap membakar area hutan. Kawasan wisata Gunung Tangkuban Parahu, Bandung, Jawa Barat. (Foto: Istockphoto/adekabdullah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat tetap kesulitan menjangkau titik api kebakaran di area rimba Gunung Tangkuban Parahu.

Titik api susah dijangkau lantaran medan nan terjal dan susah dilalui oleh mobil pemadam. Api pun tetap berkobar di area rimba tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Medan hanya bisa dilalui kendaraan off road. Kemudian jalur kendaraan masuk hanya bisa ditembus melewati Perkebunan Teh Sukawana, Parongpong," kata Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat Meidi, Kamis (5/9).

Ia menyarankan agar seluruh area wisata alam Gunung Tangkuban Perahu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, ditutup sementara menyusul kebakaran nan melanda area tersebut sejak Rabu (4/9).

Menurut Meidi penutupan sementara perlu dilakukan demi keselamatan para visitor di area tersebut, hingga api betul-betul dapat padam.

"Kami sarankan untuk ditutup sementara. Artinya jika ditutup sementara itu jelas bakal berkapak kepada jumlah pengunjung. Dan saya pikir itu wajar. lantaran untuk menjaga jangan sampai ada nan menjadi korban," ujarnya.

Ia mengungkap saat ini BPBD Bandung Barat telah menerjunkan personel campuran nan terdiri dari unsur BPDB, TNI-Polri, Dinas Pemadam. hingga relawan. Mereka berjibaku untuk memadamkan api agar tidak terus meluas ke area permukiman warga.

"Kami terus berupaya memadamkan api dengan mengerahkan 300 personel campuran dengan didukung peralatan pemadam kebakaran," kata dia.

Lebih lanjut Meidi mengatakan pihaknya telah meminta kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengerahkan helikopter water bombing guna mengatasi kebakaran di area rimba seluas lima hektare tersebut.

"Dengan kondisi seperti ini kami telah berkomunikasi dengan BNPB. Saya kudu berani menyampaikan analisa pahit. Makanya dengan sigap saya meminta support untuk dikirim pemadaman apinya lewat udara," katanya.

(Antara/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional