Kebakaran di SPBU Colomadu Karanganyar, Muncul Percikan Api di Mobil usai Pengisian BBM

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Karanganyar - Kebakaran terjadi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 44.571.05, Paulan Kulon, Desa Paulan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu, 31 Juli 2024. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.  

Menurut info nan dihimpun Tempo, satu unit mobil mini bus gosong terbakar. Pengemudi mobil mengalami luka bakar dan saat ini menjalani perawatan di rumah sakit. Untuk penyebab pasti kebakaran belum diketahui.

Peristiwa kebakaran itu menurut informasi, bermulai saat sebuah mobil mini bus GranMax bernomor polisi AD 1640 ZU melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) Pertalite sebanyak 30 liter pada Rabu pagi, sekitar pukul 7.36 di SPBU Colomadu tersebut. Selepas pengisian BBM dan pengemudi menstarter alias menyalakan mesin mobil, tiba-tiba muncul percikan api dari belakang mobil. 

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Jawa Bagian Tengah (JBT) PT Pertamina Patra Niaga Regional, Brasto Galih Nugroho, mengkonfirmasi perihal itu. 

“Menurut info nan kami terima, saat mobil di-starter alias dihidupkan kembali setelah pengisian BBM, muncul percikan api,” ungkap dia kepada wartawan di Karanganyar, Rabu, 31 Juli 2024.

Ia menjelaskan upaya pemadaman api dilakukan petugas SPBU dengan menggunakan 4 unit Alat Pemadam Api Ringan (APAR) kapabilitas 9 kg dan 1 Alat Pemadam Api Besar (APAB). Sementara dari Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) juga menerjunkan 2 unit armada Damkar Karanganyar, 2 unit Damkar Solo, dan 1 unit tangki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo.  

“Dibantu Damkar, api sukses dipadamkan pada pukul 07.59 WIB," kata dia.

Pasca kebakaran, dia mengatakan operasional SPBU 44.571.05 Colomadu saat ini dihentikan sementara. Adapun tindak lanjut nan dilakukan SPBU saat ini di antaranya bakal memperbaiki sarana dan fasilitasi di area SPBU. Selain itu juga memastikan kesiapan sarana dan akomodasi SPBU sebelum dioperasionalkan kembali.

“Kami prihatin dengan kejadian tersebut dan terus berupaya untuk melakukan sosialisasi keselamatan kerja dan training kondisi darurat di SPBU," tutur dia.

Iklan

Menurutnya, Regional JBT PT Pertamina Patra Niaga sebelumnya telah melaksanakan sosialisasi keselamatan kerja bagi SPBU secara online (daring) dan training pemadaman kebakaran di SPBU secara offline (luring/fisik).

"Terakhir aktivitas sosialisasi tersebut dilaksanakan pada awal Juli 2024 bagi SPBU-SPBU di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, termasuk Solo Raya,” jelasnya.

Untuk SPBU terdekat, konsumen dapat mengunjungi SPBU 44.577.10 Colomadu nan berjarak 1,9 km dan SPBU 44.571.31 Adi Sumarmo nan berjarak 1,5 km dari SPBU 44.571.05 Colomadu.

Kepala Kepolisian Sektor Colomadu, Ajun Komisaris Polisi Bambang Subekti memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Dia mengatakan total ada tiga meteran pompa pengisian SPBU di letak kejadian. Dari jumlah tersebut satu nan terbakar dan sisanya kondusif tidak terbakar.

“Kami pasang garis polisi di letak kejadian. Operasional SPBU sementara ini dihentikan untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” ujar dia.

Pilihan Editor: Usai Kebakaran Genset RS Citra Arafiq, RS Bhayangkara Brimob Masih Merawat 2 Pasien

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis