Kecelakaan Maut Subang, Muhadjir Sebut Banyak Bus Pariwisata Tak Layak

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 14 Mei 2024 18:03 WIB

Menko PMK Muhadjir Effendy menyayangkan kecelakaan maut bus pengangkut rombongan SMK Lingga Kencana Depok di Ciater, Subang. Menko PMK Muhadjir Effendy menyayangkan kecelakaan maut bus pengangkut rombongan SMK Lingga Kencana Depok di Ciater, Subang, Jawa Barat. (CNN Indonesia/Arief Bimaputra)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyayangkan kecelakaan maut bus pengangkut rombongan SMK Lingga Kencana Depok di Ciater, Subang, Jawa Barat.

"Sangat kita sayangkan dan itu menyangkut para siswa," kata Muhadjir di kantornya, Selasa (14/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia pun meminta kepada satuan pendidikan untuk mengecek kondisi pengemudi dan bus nan bakal ditumpangi sebelum melaksanakan tur sekolah alias study tour. Menurutnya, pengalaman pengemudi berpengaruh terhadap keselamatan para siswa.

"Ini memang suatu kecelakaan nan saya kira tidak perlu. Karena itu kepala sekolah kudu hati-hati betul ketika membujuk siswanya rame-rame menggunakan kendaraan umum, kendaraan sewaan. Pastikan dulu baik sopirnya maupun kondisi kendaraannya betul-betul memang siap," tuturnya.

Muhadjir mewanti-wanti agar satuan pendidikan menyewa bus nan tertib manajemen dan dalam kondisi layak jalan.

"Karena banyak sekali bus pariwisata itu hasil dari lelang. Lelang nan memang sudah enggak layak, kemudian dicat ulang dengan sangat glowing, sehingga orang memandang itu bus baru. Padahal itu bus nan sudah tidak layak," jelasnya.

Kecelakaan maut bus rombongan SMK Lingga Kencana, Depok terjadi pada Sabtu (11/5) sekitar pukul 18.45 WIB di jalanan nan menurun, Ciater, Subang.

Peristiwa itu melibatkan lima kendaraan, ialah bus Trans Putera Fajar bernomor polisi AD-7524-OG, mobil Daihatsu Feroza di lajur Subang arah Bandung, serta 3 motor.

Sebanyak 11 orang menjadi korban jiwa dalam kejadian ini. Korban tewas adalah 9 pelajar SMK Lingga Kencana Depok, 1 Guru SMK Lingga Kencana Depok, dan seorang pengendara motor nan merupakan penduduk Subang.

(lna/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional