Kejagung Sebut Kasus Korupsi Timah Masuk Tahap Akhir Pemberkasan

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 29 Mei 2024 12:25 WIB

Jaksa Agung ST Burhanuddin berambisi dalam seminggu ke depan, kasus dugaan korupsi timah sudah dilimpahkan ke pengadilan. Jaksa Agung ST Burhanuddin berambisi dalam seminggu ke depan, kasus dugaan korupsi timah sudah dilimpahkan ke pengadilan. (Foto: Arsip Kejaksaan Agung)

Jakarta, CNN Indonesia --

Jaksa Agung ST Burhanuddin menjelaskan perkembangan penanganan kasus dugaan korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah tahun 2015-2022.

"Perkara timah telah memasuki tahap akhir pemberkasan. Dan diharapkan dalam seminggu ke depan sudah dilimpahkan ke pengadilan," ujar ST Burhanuddin dalam konvensi pers di Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (29/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam kesempatan itu, ST Burhanuddin menyebut jumlah kerugian negara dalam kasus ini nan semula diperkirakan Rp271 triliun, rupanya mencapai Rp300 triliun.

Angka tersebut merupakan hasil kalkulasi nan dilakukan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh datang langsung di Kejaksaan Agung untuk melaporkan hasil kalkulasi tersebut.

Sebelumnya, Kejagung mengatakan berasas kalkulasi mahir lingkungan IPB Bambang Hero Saharjo nilai kerugian ekologis akibat korupsi timah mencapai Rp271 Triliun.

Perhitungan tersebut dilakukan sesuai ketentuan nan diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 7/2014 tentang kerugian akibat pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup.

Dalam kasus ini, kata dia, nilai kerusakan lingkungan terdiri dari tiga jenis, ialah kerugian ekologis sebesar Rp183,7 triliun, ekonomi lingkungan sebesar Rp74,4 triliun dan terakhir biaya pemulihan lingkungan mencapai Rp12,1 triliun.

Adapun Kejagung telah menetapkan total 21 tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga timah di IUP PT Timah. Mulai dari Direktur Utama PT Timah 2016-2021, Mochtar Riza Pahlevi Tabrani hingga Harvey Moeis sebagai perpanjangan tangan dari PT Refined Bangka Tin.

(pop/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional