KEK Nongsa Digital Park Targetkan Investasi Tembus Rp 40 Triliun hingga 2032

Sedang Trending 2 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park menargetkan nilai investasi di area itu mencapai Rp 40 triliun sampai dengan 2032. Target itu diproyeksikan berasal dari investasi baik dari dalam maupun luar negeri.

“Sesuai dengan komitmen kami ke Dewan Nasional KEK, ke Pak Merko Perekonomian (Airlangga Hartarto),” ujar Direktur PT Taman Resor Internet Badan Usaha Pembangun dan Pengelola KEK Nongsa Digital Park, Peters Vincent, saat ditemui di KEK Nongsa Digital, Batam, Kepulauan Riau, Kamis, 27 Juni 2024.

Namun, Peters belum dapat merinci total investasi nan diraup oleh industri kreatif itu. Hingga saat ini, dia mengaku tetap memproses info nilai modal nan ditanam untuk pengembangan bisnis. Dengan luas lahan nan hanya 50 hektare, dia mengharapkan support pemerintah untuk mencapai sasaran itu.

Dalam mengoperasikan aktivitas ekonominya, KEK Nongsa Digital Park ditopang oleh tenaga kerja nan merupakan campuran antara tenaga kerja dan siswa. Peters mengungkapkan, KEK Nongsa Digital Park mempekerjakan 2.000–3.000 karyawan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sementara jumlah siswa nan telah dihasilkan melalui pendidikan mereka mencapai 4.300 orang.

Meski belum bisa merinci total nilai investasi nan masuk, Peters mengungkapkan telah mendapatkan 20–25 penanammodal dari dalam dan luar negeri. Dari dalam negeri, ada Kementerian Komunikasi dan Informatika nan beriktikad membangun Pusat Data Nasional kedua di Nongsa. Sementara dari luar negeri ada penanammodal dari Singapura, Hong Kong, Cina, dan Selandia Baru.

Iklan

Peters mengungkapkan, dia telah memplot sembilan pusat info nan bakal dibangun di area itu. Dari sembilan itu, delapan di antaranya sudah terkonfirmasi untuk mulai dibangun. Adapun pusat info nan mulai dibangun ialah milik Kominfo, Hong Kong, dan GDS Data Center dari Cina.

“(Investasi) nan paling besar nan pasti, lantaran kita bakal punya sembilan plot info center, info center itu merupakan investasi nan sangat-sangat padat,” kata dia.

Pilihan Editor: Luhut Dorong Pembangunan Fisik TPPAS Legok Nangka Senilai Rp 4 Triliun Dipercepat

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis