Kekayaan Cagub Kepri Rudi Tembus Rp64,5 M, Ansar Ahmad Rp8,71 M

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Batam, CNN Indonesia --

KPU Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) telah menerima Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kepri di Pilkada 2024.

Ketua Devisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kepri, Ferry Muliadi Manalu mengatakan pihaknya tidak mengetahui total kekayaan masing-masing pasangan calon.

Dua pasangan calon nan berkompetisi pada Pilgub Kepri ialah Ansar Ahmad-Nyanyang Haris Pratamura dan Muhammad Rudi-Aunur Rofiq.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"LHKPN itu kan, kita hanya menerima dia sudah memberikan alias tidak memberikan, jika apa dari hasil LHKPN-nya kita tidak tahu, belum mendapatkan data-data itu" kada Ferry di Kepri, Senin (16/9).

Ferry mempersilakan masyarakat untuk mengecek langsung LHKPN para pasangan calon ke KPK. Menurutnya, semua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sudah menyerahkan LHKPN.

"Silahkan aja di cek, LHKPN kan bisa di cek di KPK. Semua paslon sudah menyerahkan LHKPN, jika tidak kan tidak memenuhi syarat," ujarnya.

Dilihat di laman KPK, calon gubernur Kepri Muhammad Rudi tercatat mempunyai kekayaan mencapai Rp64,5 miliar.

Jumlah kekayaannya itu meliputi sejumlah aset tanah dan gedung nan tersebar di Kota Batam, Tanjungpinang, dan Kabupaten Karimun hingga surat-surat berharga.

Sementara pendamping Rudi, Aunur Rafiq tercatat mempunyai kekayaan Rp4,03 miliar dengan aset seperti tanah, bangunan, kendaraan, dan kas.

Sedangkan calon gubernur Kepri Ansar Ahmad tercatat mempunyai kekayaan Rp8,71 miliar. Kemudian pendampingnya, Nyanyang Haris Pratamura memiliki kekakayaan Rp30,93 miliar.

KPU Kepri bakal menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nan berkompetisi pada Pilgub Kepri pada 22 September. Terdapat dua pasangan calon nan telah mendaftar.

Pertama Ansar Ahmad-Nyanyang Haris Pratamura yang diusung 11 partai politik, ialah Partai Golkar, Gerindra, Demokrat, Perindo, PAN, PKB, PKS, PPP, Gelora, Ummat, dan Prima.

Kemudian nan kedua Muhammad Rudi-Aunur Rofiq diusung Partai NasDem, PDIP, PSI, Hanura dan PKN. 

(arp/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional