Kelurahan Pudakpayung Semarang, Juara 1 Desa dan Kelurahan Jateng 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Kota Semarang kembali menorehkan prestasi, kali ini di tingkat provinsi. Adalah Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang meraih Juara I Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2024.

Atas prestasi tersebut, Kelurahan Pudakpayung berkuasa maju ke kejuaraan tingkat nasional, mewakili Jawa Tengah (Jateng). Penghargaan diberikan langsung oleh Pj. Gubernur Jawa Tengah saat upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Provinsi Jawa Tengah di Lapangan Pancasila, Alun-alun Kota Salatiga, Senin (19/8).

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu alias Mbak Ita, mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaan atas pencapaian ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Alhamdulillah, lantaran Kota Semarang sukses menjadi nan terbaik se-Provinsi Jawa Tengah. Sudah 8 tahun kita tidak pernah masuk penilaian nasional, dan sekarang kita berkuasa untuk mewakili Provinsi Jawa Tengah di level nasional," ujar Mbak Ita.

Menurutnya, prestasi ini tidak terlepas dari potensi besar dan komplit nan dimiliki Kelurahan Pudakpayung.

"Mulai dari pemberdayaan masyarakat, potensi alam dan wisatanya, hingga semangat untuk nguri-uri kebudayaan nan dimiliki oleh penduduk Pudakpayung," lanjut Mbak Ita.

Untuk itu, Mbak Ita mendorong agar OPD mengenai berbareng seluruh jejeran di Kelurahan Pudakpayung mematangkan persiapan jelang penilaian di tingkat nasional.

Lurah Pudakpayung, Pamirah, turut menyampaikan terima kasih kepada semua pihak nan telah mendukung Kelurahan Pudakpayung menjadi juara di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

"Matur nuwun Ibu Wali Kota atas pengarahan dan arahannya, serta matur nuwun kepada OPD mengenai nan sudah mensupport lomba kelurahan, sehingga Kelurahan Pudakpayung menjadi juara 1 tingkat Provinsi Jawa Tengah," kata Pamirah.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Semarang, Noegroho Edy Rijanto, menyatakan menyambut ceria prestasi ini. Dirinya berharap, prestasi ini dapat memotivasi kelurahan-kelurahan lain di Kota Semarang untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

"Kelurahan Pudakpayung telah membuktikan bahwa dengan kerjasama nan baik, prestasi tingkat Jateng dan Insya Allah nantinya prestasi tingkat nasional bukanlah perihal nan mustahil untuk diraih," ujarnya.

Sebagai juara 1, Kelurahan Pudakpayung dinilai mempunyai beragam kelebihan dan potensi nan muncul melalui beragam program pemberdayaan masyarakat, seperti Bank Sampah Payung Lestari nan pernah memenangkan Program Kampung Iklim (Proklim), Kampung Tematik Jajanan Tradisional Sekar Wangi di RW 7, Kelompok Batik Arlynn Eco Print, hingga Kampung Literasi dengan perpustakaan berdikari Payung Prasetya.

Selain itu, Pudakpayung juga mempunyai potensi wisata nan menarik, seperti rintisan wisata air terjun Curug Kedung Kudhu, serta Vihara Sima nan merupakan salah satu vihara tertua di Indonesia.

Antusiasme masyarakat dalam upaya pelestarian budaya juga sangat tinggi. Di kota metropolitan seperti Semarang, penduduk tetap antusias mengikuti aktivitas pagelaran wayang kulit nan digelar empat kali dalam setahun, seperti dalam rangka infak bumi, tradisi Nyadran, serta pelestarian 11 sendang alam.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional