Kemenag: 92 Ribu Calon Haji Telah Diberangkatkan ke Tanah Suci

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 24 Mei 2024 23:50 WIB

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag mencatat sebanyak 17 kloter sudah bertolak ke Tanah Suci dan beberapa mendapat jasa fast track. Total sudah sekitar 92 ribu calon haji (calhaj) Indonesia nan telah diberangkatkan ke Tanah Suci, Arab Saudi sampai hari ini, Jumat (24/5). (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Saiful Mujab mengatakan sekitar 92 ribu calon haji (calhaj) Indonesia telah diberangkatkan ke Tanah Suci, Arab Saudi.

"Jemaah calon haji nan sudah berangkat untuk di Madinah 40 persen selesai melalui Jeddah sebanyak 17 kloter. Jadi, totalnya sekitar 92.000 calhaj Indonesia sudah tiba di Tanah Suci," kata Saiful usai melepas Jemaah Calon Haji (JCH) di Embarkasi Antara, Provinsi Lampung, Bandarlampung, Jumat (24/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saiful mengatakan golongan terbang (kloter) JKG 30 Lampung nan hari ini berangkat adalah gelombang kedua, sehingga jemaah calon haji ini bakal menuju Jeddah dengan langsung menggunakan busana ihram.

"Jadi, Arab Saudi memberikan jasa fast track untuk gelombang kedua. Sehingga, calon haji tidak perlu lagi melalui proses imigrasi di Arab. Jadi, setelah berpakaian ihram nantinya turun dari bus tinggal dibimbing dan dipandu untuk memulai niat (beribadah haji), miqatnya di Jeddah," katanya.

Lebih lanjut, Saiful mengatakan bahwa untuk saat ini sudah ada delapan calon haji Indonesia nan wafat di Tanah Suci.

"Jemaah nan wafat hingga sekarang sudah delapan orang. Kemudian, bagi jamaah wafat saat sudah masuk pondok haji alias sudah berada di Arab Saudi, kelak bakal didata dan dibadalkan dalam penyelenggaraan ibadahnya," ujarnya.

"Sementara bagi jamaah nan meninggal sebelum masuk pondok haji, tidak tercatat lantaran belum masuk," kata Saiful menambahkan.

Keberangkatan jemaah haji pada tahun mengalami sejumlah kendala, seperti keterlambatan penerbangan. Kemenag melayangkan protes kepada maskapai Garuda Indonesia atas sejumlah masalah nan muncul.

(Antara/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional