Kemenag soal Yaqut Dituding Mangkir: Pansus Haji Belum Panggil Menag

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 11 Sep 2024 11:08 WIB

Juru Bicara Kementerian Agama Sunanto menepis Menag Yaqut Cholil Qoumas dua kali mangkir dari panggilan Pansus Haji DPR, lantaran belum ada panggilan untuknya. Kementerian Agama menyatakan hingga saat ini belum ada panggilan dari Pansus Hak Angket Haji DPR untuk Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.CNN Indonesia/Panji Septo Raharjo

Jakarta, CNN Indonesia --

Juru Bicara Kementerian Agama Sunanto menegaskan hingga saat ini belum ada panggilan dari Pansus Hak Angket Haji DPR untuk Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Hal ini dia sampaikan merespons pernyataan personil Pansus Haji DPR Marwan Ja'far bahwa Yaqut tidak datang pada pemanggilan kedua dari Pansus Hak Angket Haji DPR.

"Karena saya sudah cek, belum ada panggilan untuk Menteri Agama," kata laki-laki nan berkawan disapa Cak Nanto ini dalam keterangannya, Rabu (11/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Cak Nanto menghargai pernyataan Marwan sebagai personil dewan. Namun, dia penasaran dari mana Marwan Jafar mendapat info itu.

"Saya yakin, sebagai personil DPR Pak Marwan pasti bicara berasas info dan info nan valid. Namun, saya mau tahu sumber info tentang pemanggilan dua kali itu dari mana?," ujarnya.

Cak Nanto menjelaskan Yaqut akhir-akhir ini memang mempunyai banyak aktivitas di Kemenag. Selain gelaran MTQ Nasional dan lainnya, Yaqut juga disibukkan dengan penyelenggaraan tugas dan kegunaan di Kementerian Agama.

"Kan aktivitas MTQ disiarkan di TV dan terlihat jelas kapan dan siapa saja nan datang di sana," kata dia.

Sebelumnya, Marwan mengaku telah memanggil Yaqut sebanyak dua kali untuk diminta datang memberikan keterangan di Pansus Haji namun mangkir.

"Sudah dua kali mangkir. Dan ini bakal kita undang lagi agar hadir. Ini dia buying time saja agar waktu DPR lenyap ini," kata Marwan di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9).

Marwan mengaku telah memanggil Yaqut pada Senin (9/9) kemarin untuk datang pada Selasa hari ini. Namun, dia mengatakan Yaqut berkilah sedang menghadiri MTQ di Kalimatan Timur.

Namun, Marwan mengatakan Yaqut justru tak berada di Kaltim melainkan ada di Kantor Kemenag hari ini.

Marwan mengatakan bakal memanggil kembali Yaqut untuk ketiga kalinya pada minggu ini untuk datang ke Pansus DPR.

(rzr/gil)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional