Kemenag Tak Ingin Penerbangan Jemaah Haji Gelombang Kedua Banyak Delay

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 25 Mei 2024 05:40 WIB

Kemenag menyayangkan adanya penundaan keberangkatan haji oleh maskapai penerbangan, lantaran otomatis mempengaruhi agenda penempatan jemaah calon haji di Madinah. Kementerian Agama (Kemenag) meminta kepada pihak maskapai penerbangan agar keberangkatan calon haji gelombang kedua ke Tanah Suci, Arab Saudi tidak sampai terjadi delay. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)

Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Agama (Kemenag) meminta kepada pihak maskapai penerbangan agar keberangkatan calon haji gelombang kedua ke Tanah Suci, Arab Saudi tidak sampai terjadi delay.

"Kami segera mengadakan rapat dengan maskapai dan pihak Arab Saudi untuk menyikapi hal-hal seperti ini pada keberangkatan Calhaj gelombang kedua, sehingga bisa ditingkatkan ketepatan pemberangkatan agar tidak delay lagi," kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag) RI Saiful Mujab di Bandarlampung, Jumat (24/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saiful menyayangkan adanya penundaan keberangkatan haji oleh maskapai penerbangan, lantaran otomatis mempengaruhi agenda penempatan jemaah calon haji di Madinah.

"Karena delay secara otomatis mempengaruhi ibadah nan di Madinah, lantaran mengenai sewa hotel di Madinah nan sudah dibatasi waktu sembilan hari, jika delay 9 jam, jadi mundur, mengganggu ritme penempatan," katanya.

Saiful mengatakan Kemenag telah mengambil sikap tegas dan menegur maskapai Garuda agar tidak ada penundaan dan pesawat kudu tersedia sesuai dengan golongan terbang (kloter)-nya.

"Soal delay, memang ada beberapa catatan untuk maskapai Garuda Indonesia, kemarin di SOC 41, 42, OPG. Bahkan, malam ini delay lagi di KNO, kami dari Kemenag sudah menegur maskapai agar perihal ini tidak terjadi lagi di gelombang kedua," kata dia.

Saiful menyebut argumen maskapai penerbangan terjadi delay keberangkatan jemaah calon haji bermacam-macam.

"Alasan mereka, lantaran adanya rotasi pesawat. Pesawat rusak di Ujung Pandang dan SOC, sehingga perlu menjadwal ulang penerbangan. Kami tidak mau perihal serupa terjadi lagi, teguran secara lisan maupun dengan surat sudah dilayangkan," ucapnya.

(Antara/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional