Kemendag ke Cile, Kunjungi Importir Sepeda asal Indonesia

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Perdagangan melakukan sejumlah kunjungan upaya ke Cile. Dia mengunjungi Supermarket Jumbo, importir  suku cadang otomotif Mannheim, importir furniture Area Design, dan importir sepeda asal Indonesia ialah Cross Mountain.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan, Didi Sumedi mengatakan Supermarket Jumbo merupakan retail terbesar di Amerika Selatan telah mengimpor produk mi dari Indonesia dengan beberapa jenis dan rasa. 

"Supermarket Jumbo menyatakan ketertarikannya untuk mencoba produk kelapa dari Indonesia. Saya merespon baik dan bakal memfasilitasi pertemuan Jumbo dengan perusahaan Indonesia nan mempunyai produk kelapa," ujarnya melalui keterangan tertulisnya pada Kamis, 16 Mei 2024 malam.

Didi tidak menjelaskan secara perincian kapan tepatnya kunjungan Kementerian Perdagangan ke sejumlah tempat itu. Namun, dalam rentang waktu antara 9 sampai 10 Mei 2024 lampau saat Kemendag menjadi delegasi misi jual beli Indonesia ke Cile.

Pada kunjungan ke importir suku cadang kendaraan Mannheim, Didi menyebut Kemendag memfasilitasi pertemuan pelaku upaya suku cadang kendaraan Indonesia dengan importir di Cile. Pihaknya mendukung produk suku cadang otomotif potensial lainnya untuk masuk ke pasar Cile.

"Selain makanan dan suku cadang kendaraan, potensi pertumbuhan industri furnitur di Cile juga sangat menjanjikan," ujarnya.

Iklan

Dia menceritakan saat kunjungannya ke Area Design perusahaan pemasok furniture di Cile, Didi mendapati bahwa 70 persen produknya berasal dari Indonesia. Didi hakulyakin, melalui skema tarif preferensial dari Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan Cile (IC–CEPA) nan telah masuk tahap implementasi, keahlian ekspor furnitur Indonesia ke Cile bakal terus meningkat. “Produk furnitur Indonesia dapat bersaing di pasar Cile dari sisi nilai dengan produk sejenis dari negara lain,” ucapnya.

Sementara itu, kunjungannya ke Cross Mountain nan merupakan importir produk olahraga ternama di Cile, Didi membujuk Cross Mountain nan telah mengimpor sepeda gunung dari Polygon Indonesia untuk memanfaatkan skema pengurangan tarif IC–CEPA dalam meningkatkan volume dan nilai impor sepeda dari Indonesia. 

"Sepeda merupakan salah satu produk nan mendapat tarif preferensi pengurangan bea masuk dalam skema IC–CEPA," ucapnya.

Pilihan Editor: Jokowi Akan 'Cawe-cawe' Beresi Bea Cukai, Ini Deretan Masalah nan Disorot Masyarakat

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis