Kemendagri Gelar Pembagian 10 Juta Bendera di Penajam Paser Utara

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Kemendagri | CNN Indonesia

Minggu, 09 Jun 2024 22:03 WIB

Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) menggelar Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih. Semarakkan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI, Kemendagri Gelar Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera di Penajam Paser Utara. (Foto: Arsip Kemendagri)

Jakarta, CNN Indonesia --

Dalam rangka menyemarakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) menggelar Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih.

Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih ini berjalan di Lapangan Kantor Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (8/6).

"Jadi inikan kabupaten terdekat dengan ibu kota negara, bisa kita katakan juga penyangganya alias buffer-nya, sehingga kita lebih menyuarakan kepada seluruh Indonesia bahwa ini [ibu kota negara nan baru] agar lebih dikenal," kata Plh Dirjen Polpum Togap Simangunsong saat ditemui di sela-sela acara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Togap mengatakan, aktivitas ini merupakan langkah untuk mengawali Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih nan bakal berjalan di seluruh Indonesia.

"Di sini kita start awalnya untuk seluruh Indonesia, kemudian kelak puncaknya sekitar kelak pada tanggal 17 Agustus nan bakal datang," ujar Togap.

Togap melanjutkan, total bendera Merah Putih nan telah disebarkan di Kabupaten Penajam Paser Utara sebanyak 1.500 buah.

Togap berharap, dengan adanya aktivitas ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia dan memperkuat rasa cinta kepada bendera Merah Putih.

"Bendera inikan lambang negara kita, jadi bagaimanapun ini bakal lebih kita tingkatkan [rasa] semangat nasionalisme," ujarnya.

Pencanangan aktivitas ini ditandai dengan kirab Bendera Merah Putih dari Masjid Agung Al Ikhlas Kabupaten Penajam Paser Utara menuju Lapangan Upacara Kantor Bupati Penajam Paser Utara.

Kirab ini dibuka langsung oleh Penjabat (Pj.) Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun. Kegiatan ini diikuti oleh lebih kurang 1.500 peserta dari beragam kalangan nan turut serta membawa bendera Merah Putih.

Mereka diantaranya pasukan drumband, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), organisasi kemasyarakatan (Ormas), siswa-siswi SD, SMP, dan SMA, serta masyarakat umum.

Kirab ini ditutup dengan penyerahan bendera Merah Putih nan dibawa oleh Paskibraka kepada Plh. Dirjen Polpum Kemendagri, Pj. Bupati Penajam Paser Utara, dan Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Penajam Paser Utara.

(inh)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional