Kemenhub Bebas Tugaskan Kepala UPBU Sangua Nibandera Kolaka Sulawesi Tenggara Asri Damuna Imbas Datangi YouTuber Korea Selatan Ajak ke Hotel

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Perhubungan alias Kemenhub membebastugaskan Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangua Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara, Asri Damuna, imbas video viral mendatangi seorang YouTuber wanita berjulukan Jiah asal Korea Selatan untuk diajak ke hotelnya. 

Selain itu, Asri mengaku berjulukan Albert kepada YouTuber nan hendak berpiknik ke Manado, Sulawesi Utara. 

"Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sangat menyesalkan video viral nan melibatkan Asri Damuna. nan berkepentingan telah dibebastugaskan untuk memudahkan penyelidikan lebih lanjut," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati melalui keterangan tertulisnya pada Jumat, 10 Mei 2024.

Video viral itu juga langsung direspon oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Dia memerintahkan anak buahnya untuk mencarit ahu info viral itu. Jika terbukti, Asri Damuna terancam mendapatkan sanksi.

Adita menyebut Asri telah menjalani pemeriksaan. "Jika terbukti benar, artinya nan berkepentingan tidak dapat menjaga marwah sebagai aparatur sipil negara (ASN). Kemungkinan ada hukuman internal soal perihal itu," ujarnya.

Dia berambisi kejadian serupa tidak terulang kembali dan pegawai pemerintahan nan lain dapat menjaga marwah serta etikanya.

Dalam video nan beredar di media sosial, Asri Damuna izin dan bertanya untuk berasosiasi dengan Jiah saat dia sedang membikin konten makan. 

Iklan

"Nginap di mana," tanya terduga Asri Damuna dalam video viral itu. 

"Dekat sini," jawab sang YouTuber.

Dalam video itu terjadi percakapan dan Asri berkenalan mengaku berjulukan Albert dan ada juga orang lain nan mengaku berjulukan Alex. 

"Mampir ke hotel saya boleh," kata Asri kepada Jiah dalam video itu. 

Jiah menjawab, jika jam 2 dia sudah ada agenda naik perahu.

Pilihan Editor: Pendaftarkan Sertifikat Halal Sampai 17 Oktober 2024, Ini Syarat nan Harus Dipenuhi

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis