Kemenhub Klaim Telah Selesaikan 45 Proyek Strategis Nasional di Masa Pemerintahan Jokowi

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut telah merampungkan 45 proyek strategis nasional (PSN) selama masa pemerintahan Presiden Joko Widodo namalain Jokowi, terhitung dari tahun 2016 hingga 2024. Puluhan proyek tersebut meliputi pembangunan prasarana transportasi di sektor udara, laut, darat, dan perkeretaapian.

“Apa nan dicanangkan Pak Presiden untuk membangun PSN kita lakukan dengan sistematis, dan tercatat 45 proyek strategis nasional di sektor pelabuhan, udara, kereta api, dan darat terselesaikan selama 10 tahun ini,” ungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya di aktivitas “Refleksi & Catatan: 10 Tahun Pemerintahan Jokowi di Bidang Konstruksi, Infrastruktur, dan Investasi” nan digelar di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan, Rabu, 31 Juli 2024. 

Beberapa PSN nan disebut telah rampung antara lain Bandara Mutiara Sis Al-Jufri di Palu, Kereta Api Akses Bandara Adi Sumarmo di Jawa Tengah, Pelabuhan Labuan Bajo, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, LRT (Light Rail Transit) Sumatera Selatan, Bandara Komodo, Kereta Api Makassar-Parepare, hingga Pelabuhan Pantoloan di Sulawesi Tengah.

Menurut Budi Karya, prasarana transportasi merupakan tulang punggung dari aktivitas perekonomian nasional. “Untuk melakukan pemulihan ekonomi, kita memerlukan upaya-upaya untuk melakukan alias mengimprove apa nan ada di perhubungan,” kata dia.

Iklan

“Lalu kita juga mengupayakan upaya-upaya kontinuitas di udara, dan kita mengupayakan juga jalur rel untuk sebagai logistik, dan kita harapkan sebagai backbone tidak saja di Jawa, tetapi di Sulawesi,” tutur Budi Karya. Kemenhub, tambahnya, tengah mengupayakan jalur kereta api nan ada di Makassar-Parepare untuk menjadi tulang punggung logistik di Sulawesi Selatan.

Pilihan Editor: PSN Tanjung Sauh Batam bakal Relokasi 200 KK, Perusahaan Klaim Semua Proses Terkendali

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis