Kementerian ESDM Gratiskan Konversi Motor Listrik untuk Warga Jabodetabek, Ada Kuota 500 Unit

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta -Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengadakan program konversi motor berbahan bakar minyak menjadi motor listrik cuma-cuma untuk penduduk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Program ini dimulai sejak 1 Agustus 2024.

Kepala Biro Kementerian Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi mengatakan program konversi motor listrik cuma-cuma dilakukan untuk menurunkan emisi dan meningkatkan kualitas udara di wilayah Jakarta dan sekutarnya.

"Program ini bakal dilakukan berjenjang hingga kuota terpenuhi sebanyak 500 unit motor," kata Agus Cahyono, dikutip Tempo dari keterangan resmi ESDM. Program ini merupakan kerja sama Kementerian ESDM dengan badan upaya sektor pertambangan di bawah pengarahan teknis Kementerian ESDM

Agus mengatakan kementeriannya menanggung biaya konversi Rp 16 juta per  unit motor. Namun, biaya tersebut di luar biaya cek fisik, biaya perubahan surat kendaraan, dan biaya rekondisi kendaraan di luar pekerjaan konstruksi. 

Iklan

Ia menjelaskan, masyarakat nan berkeinginan mengkonversi motornya bisa mendaftar melalui platform digital Program Konversi Sepeda Motor Listrik pada tautan ebtke.esdm.go.id/konversi alias daftar langsung melalui Bengkel Konversi Mitra Kementerian ESDM. Adapun persyaratan nan kudu dipenuhi, ialah merupakan masyarakat umum nan mempunyai sepeda motor dan berdomisili sesuai KTP di wilayah Jabodetabek (diutamakan bagi pemilik kendaraan nan aktif berkendara keluar masuk provinsi DKI Jakarta). Lalu, nama nan tertera pada KTP kudu sama dengan nama nan tertera pada surat registrasi kendaraan (STNK dan BPKB). Berikutnya, mempunyai surat kepemilikan komplit dan telah melunasi pajak kendaraan. Serta melampirkan dokumen/formulir hasil cek bentuk awal dari Samsat Kepolisian terdekat.

Agus mengatakan, masyarakat dapat mendaftarkan dan melakukan konversi sepeda motor di Bengkel Konversi Mitra ESDM di antaranya PT Tri Mentari Niaga (BRT Electric), PT Mitrametal Perkasa (MMP), PT Saikono Otoparts Indonesia (Bengkel SOI), PT Roda Elektrik Asia (Elders), PT Nagara Sains Konversi (Nagara), PT Bintang Mas Lestari (ATR), PT Cogindo Dayabersama (Cogindo), PT Electric Vehicle Trimotorindo (Trimotorindo), PT Teco Multiguna Elektro (Teco), PT Gotric Asia Sentosa (Gotric), PT Semesta Motor Indonesia (Motoriz), dan PT Tomara Jaya Perkasa.

Pilihan editor: Kemenperin: Pabrik Motor Listrik Baru Akan Groundbreaking Pekan Depan, Luasnya 54 Hektare

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis