Kementerian Keuangan Patok Nilai Rupiah 16.100 per Dolar Tahun Depan, Ini Penjelasannya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Nilai tukar rupiah saat ini sudah menyentuh level Rp 15.000-an per dolar Amerika Serikat. Namun pada tahun depan, nilai tukar rupiah justru dipatok melemah menjadi 16.100 per dolar AS. Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu mengatakan dugaan tersebut ditetapkan sebagai langkah antisipasi. 

“Rupiah 16.100 mencerminkan antisipatif dan kita konservatif, kita memantau kondisi dunia sekarang, kita berterima kasih dalam jangka pendek ini kita dapat banyak capital inflow,” kata dia ditemui usai rapat dengan Komisi XI DPR, Rabu 21 Agustus 2024.

Febrio menambahkan masuknya aliran modal asing saat ini merupakan gambaran dari fiskal RI nan lebih baik dibanding banyak negara lain nan menghadapi tantangan global. Indonesia, menurut dia termasuk nan diminati untuk terjadi capital inflow kembali. Capaian tersebut menurut dia kudu kelola dalam jangka pendek. Namun pemerintah menurut dia tetap kudu menyiapkan langkah antisipatif untuk menjaga batasannya dari guncangan global.

Target rupiah nan justru ditetapkan melemah tahun depan juga sempat dipertanyakan personil DPR Fraksi PDIP, Adisatrya Suryo Sulisto. Saat ini, dia mengatakan, nilai tukar rupiah saat ini sudah di level 15.000-an per dolar AS. Tapi pemerintah malah menetapkan nilai tukar rupiah pada 2025 16.100 per dolar AS.

“Penetapan kurs melemah tersebut tidak sejalan dengan upaya kita selama ini untuk memperkuat nilai tukar dan tren pelonggaran kebijakan dunia khususnya The Fed pada 2025,” kata dia dalam rapat paripurna DPR, Selasa 20 Agustus 2024.

Iklan

PDIP menurut dia, berpandangan pemerintah semestinya kembali pada kesepakatan awal. Sebelumnya dalam Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) 2025, rupiah sempat ditargetkan berada pada rentang 15.300-15.900 terhadap dolar AS.

Adapun, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, memaparkan rupiah makin stabil. “Nilai tukar Rupiah hingga 20 Agustus 2024 menguat menjadi 15.430 per dolar AS, alias menguat 5,34 persen dibandingkan dengan posisi akhir Juli 2024,” ujarnya dalam pemaparan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 21 Agustus 2024. 

Pilihan Editor: Daftar Formasi CPNS KKP 2024 untuk Lulusan SMA hingga S2 dan Kisaran Gajinya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis