Kemhan Ajukan Anggaran Khusus untuk Penanganan Konflik di Papua

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 16:25 WIB

Plt. Sekjen Kemhan Donny Ermawan Taufanto menyebut anggaran unik nan diajukan untuk penanganan bentrok di Papua hingga sekarang belum turun. Kementerian Pertahanan (Kemhan) menyatakan telah mengusulkan alokasi anggaran unik untuk penanganan bentrok di Papua. (Arsip Istimewa)

Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Pertahanan (Kemhan) menyatakan telah mengusulkan alokasi anggaran unik untuk penanganan bentrok di Papua.

Hal itu disampaikan Plt. Sekjen Kemhan Donny Ermawan Taufanto dalam aktivitas Pembekalan Program Kegiatan Bersama (PKB) Kejuangan 2024 di Seskoal, Jakarta Selatan, Rabu (8/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Donny mengatakan anggaran unik nan diajukan itu hingga sekarang belum turun.

"Kita juga sangat concern dengan perihal ini, beberapa sudah kita ajukan kepada pemerintah untuk anggaran tambahan unik untuk penanganan Papua tapi sampai saat ini anggaran unik itu belum turun," kata Donny saat menjawab pertanyaan salah satu peserta acara.

Ia menjelaskan untuk menangani masalah di Papua, selama ini pemerintah telah melakukan pendekatan kesejahteraan. Selain itu, dilakukan juga pendekatan keamanan.

Donny mengatakan anggaran unik itu diperuntukkan membeli perlengkapan prajurit.

Ia menjelaskan dalam pengenalan medan di Papua, prajurit TNI maupun personel Polri tidak sebaik Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Menurutnya, kekurangan itu bisa diatasi dengan melengkapi teknologi hingga peralatan bagi prajurit di Papua.

"Mereka tahu medan, mereka fisiknya bagus, saya rasa kita bisa atasi kekurangan tersebut dengan menggunakan teknologi. Kita bakal berikan beberapa helikopter tambahan, pesawat dan sebagainya, peralatan untuk sensor-sensor untuk mendeteksi ataupun melakukan tindakan kekerasan jawaban kepada OPM tersebut," katanya.

(yoa/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional