Kenang Faisal Basri yang Wafat di Usia 65 Tahun, Sri Mulyani: Beliau Ingin Indonesia Dikelola dengan Baik

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati turut bersungkawa atas meninggalnya ahli ekonomi Faisal Basri pada Kamis, 5 September 2024. Sri Mulyani menyebut Faisal Basri seorang nan mempunyai kecintaan kepada Indonesia. 

“Kecintaannya kepada Indonesia luar biasa. Beliau mau Indonesia dikelola dengan baik,” kata Sri Mulyani usai melayat di kediaman Faisal di area Gudang Peluru, Jakarta Selatan, pada Kamis hari ini. 

Sri Mulyani mengatakan dia punya hubungan dekat dengan Faisal Basri lantaran masing-masing pernah menjabat sebagai Direktur Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia (LPEM UI).

Sri Mulyani mengatakan mendapat berita meninggalnya Faisal Basri usai salat subuh. Meski demikian, Sri Mulyani mengaku tak mendengar Faisal Basri sempat dirawat di Rumah Sakit Mayapada, Kuningan, pada Rabu, 4 September 2024. “Aku tidak dengar jika beliau di rumah sakit. Insya Allah khusnul khotimah,” kata Sri Mulyani.  

Adik Faisal, Ramdan Malik, mengatakan Faisal Basri bakal dimakamkan pada Kamis sore di pemakaman area Gudang Peluru, Tebet, Jakarta Selatan. Saat ini, kata dia, family tetap menunggu kehadiran kakak sulung Faisal dari Bangkok. 

Rumah Faisal Basri di area Gudang Peluru, Jakarta Selatan itu tampak sibuk pada Kamis pagi. Tenda-tenda dan bangku disusun berbanjar di pelataran dan sepanjang jalan rumah Faisal. Beberapa tokoh, politikus, dan aktivis juga tampak mendatangi kediaman Faisal untuk berbelasungkawa. 

Iklan

Sementara itu, Ramdan mengatakan saudaranya meninggal diduga lantaran serangan jantung. “Ada kemungkinan jantung,” kata dia.

Ramdan mengatakan Faisal Basri sempat masuk ICU untuk menstabilkan kondisi jantung pada Rabu, 4 September kemarin. Keluarga mengambil langkah itu lantaran Faisal Basri dijadwlakan bakal diperiksa penyumbatan pembuluh darah alias katerisasi jantung pada Kamis hari ini pukul 08.00 WIB. 

“Hari ini rencananya kateter, tapi rupanya subuh tadi sudah tidak ada,” kata Ramdan. 

Pilihan Editor: Faisal Basri Gebrak Mafia Migas di Awal Pemerintahan Jokowi

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis