Kepala Satgas Pembangunan IKN: Fasilitas Hunian ASN segera Rampung

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Satgas Pelaksanaan Pembangunan IKN Danis Sumadilaga menanggapi pernyataan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Anas, mengenai penundaan pemindahan aparatur sipil negara (ASN) lantaran menunggu kesiapan ekosistem. Menurut Danis, nan dimaksud dengan ekosistem dalam konteks tersebut adalah persiapan akomodasi dasar nan bakal digunakan oleh ASN di IKN, seperti instansi dan hunian.

"Yang paling basic, instansi (ASN) sudah siap," ujar Danis kepada wartawan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jumat, 30 Agustus 2024.

Danis menjelaskan kantor-kantor untuk ASN telah disiapkan di beberapa letak penting, termasuk gedung Kementerian Koordinator dan Sekretariat Negara serta Sekretariat Presiden. Fasilitas ini disiapkan bisa menampung sekitar 1.700 ASN pada tahap awal.

Selain kantor, kediaman untuk ASN juga sedang dipersiapkan secara intensif. Danis menyebut bahwa 12 tower apartemen dengan total 720 unit sudah siap huni. "Sekarang kan dengan adanya 12 tower (siap dihuni), itu ada 720 (unit). Kan 1 tower ada 60 (unit apartemen), berfaedah ada 720 unit. 720 unit kamarnya aja jika 1 unit ada 3 kamar, 3 kali itu udah 2.100," jelasnya.

Progres pembangunan tower terus berlanjut. Menurut Danis, akomodasi kediaman ASN ini bakal segera diselesaikan dalam beberapa bulan ke depan. “Sekitar September-Oktober, udah 21 tower. Bahkan, pada November-Desember, jumlahnya bakal mencapai 47 tower,” jelasnya.

Meski demikian, beberapa akomodasi tambahan seperti pasar swalayan kecil, akomodasi cuci, klinik, dan Pendidikan Anak Usia Dini alias PAUD tetap dalam tahap pengembangan. Namun, Danis menegaskan hal-hal dasar nan dibutuhkan untuk mendukung kehidupan ASN di IKN sudah siap. "Yang basic-basic udah siap, listrik udah siap. Bener loh, saya udah ninggalin baju di apartemen," ujarnya.

Iklan

Sebelumnya, pernyataan pemindahan ASN ke IKN setelah ekosistem siap disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Anas, pada Selasa, 27 Agustus 2024. "Jadi, begini, semula (dijadwalkan) September. Terakhir pengarahan Presiden jangan buru-buru (pindah) jika ekosistemnya belum siap," kata Azwar Anas usai menghadiri aktivitas ASN Talent Fest 2024 dan Anugerah ASN 2023 di Jakarta, dikutip dari Antara.

Sementara itu, Deputi Sosial Budaya Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Alimudin, sebelumnya mengungkapkan 21 tower rumah susun (rusun) nan bakal menjadi kediaman bagi aparatur sipil negara (ASN) nan dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, telah selesai dibangun.

"Tower-tower nan dibangun oleh para pekerja konstruksi, nan saat ini berjumlah sekitar 27 ribu pekerja, termasuk 10-20 persen di antaranya merupakan penduduk lokal, telah selesai untuk 21 tower ASN nan bakal dipindah," kata Alimudin dikutip dari Antara.

Pilihan Editor: Sang Pisang Sepi, nan Ayam Kaesang juga Ditinggal Pembeli

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis