Kereta Tanpa Rel IKN dari Cina Akan Diuji Coba Dinamis pada 10 Agustus

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah menyatakan uji coba kereta otonom alias Autonomous Rail Transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada rute pendek bakal dilaksanakan pada Sabtu besok, 10 Agustus 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Risal Wasal, Selasa, 6 Agustus 2024.

“Jika melangkah lancar, kami menargetkan ART sudah dapat diuji coba secara bergerak (bergerak) di rute pendek (loop kecil) pada 10 Agustus 2024,” ujar Risal, seperti dikutip dari Antara.

Risal menjelaskan, jejeran DJKA tengah menguji internal sarana, prasarana, dan sumber daya manusia (SDM) ART di area IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. "Pengujian internal ini diharapkan dapat rampung selambatnya pada 9 Agustus 2024," tuturnya.

Adapun rute pendek alias loop mini nan dimaksud adalah rute uji coba melingkar dari Gedung Kemenko 3 menuju Gedung Kemenko 2 dan kembali ke Gedung Kemenko 3 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Risal menyebut uji coba ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan pengoperasian ART pada upacara Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN. Fase uji coba digelar selama kurang lebih dua bulan, sejak uji coba dinamis.

Dengan adanya ui coba ini, pemerintah berambisi bisa lebih mengetahui kepantasan operasi ART. Berikutnya adalah tahap pertimbangan berbareng DJKA dengan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN, sebelum dipamerkan (showcase) untuk umum pada 10 Oktober hingga 31 Desember 2024.

Nantinya, kata Risal, ART bakal berakhir di delapan halte di sepanjang ruas utama Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. "Dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya ialah bus rapid transit (BRT)," ucapnya.

Iklan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya menargetkan Autonomous Rail Rapid Transit (ART) alias kereta otonom tanpa rel bisa beraksi di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebelum peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Dengan begitu, moda transportasi ini bisa berfaedah sebagai feeder dan menjadi bagian dari mobilitas di area Sumbu Barat, Sumbu Timur, dan sejumlah tempat lain saat seremoni HUT Kemerdekaan pada 17 Agustus 2024.

"Setelah itu, (ART) diharapkan menjadi ikon transportasi di IKN," ujar Budi dalam keterangan video nan diunggah melalui IG resmi @budikaryas, dikutip Tempo pada Ahad, 4 Agustus 2024.

Budi Karya menuturkan, ART mempunyai kelebihan dibanding moda transportasi lain. Salah satunya, ialah dapat beraksi tanpa rel. "Hanya pakai marka jalan," ujar dia.

Ia juga menyampaikan, Indonesia mendapat kesempatan free trial dari China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) selama Agustus hingga Desember 2024. Selanjutnya, kata Budi Karya, penggunaan ART di IKN bakal dilakukan dengan skema pembelian layanan.

Riri Rahayu berkontribusi dalam penulisan tulisan ini.

Pilihan Editor: Sri Mulyani Minta Sabar, Anggaran IKN Era Prabowo Masih Misterius

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis