Ketua Bawaslu Pantau Langsung PSU DPD di Sumbar

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 13 Jul 2024 15:00 WIB

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menyebut pihaknya memantau penyelenggaraan pemungutan bunyi ulang (PSU) personil DPD RI di Kota Padang, Pariaman dan Bukittinggi, Sumbar. Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja memantau langsung penyelenggaraan pemungutan bunyi ulang (PSU) personil DPD RI pada sejumlah wilayah di Sumatera Barat. (CNN Indonesia/Poppy Fadhilah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja memantau langsung penyelenggaraan pemungutan bunyi ulang (PSU) personil DPD RI pada sejumlah wilayah di Sumatera Barat.

"Kita pantau penyelenggaraan PSU DPD RI ini di Kota Padang, Pariaman dan Bukittinggi," kata Bagja di Padang, Sabtu (13/7) dikutip dari Antara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bagja mengatakan hasil pemantauan di Kota Padang untuk sementara penyelenggaraan PSU pemilihan personil DPD-RI berjalan kondusif dan tetap terkendali.

Menurutnya, salah satu nan menjadi konsentrasi dalam pengawasan PSU DPD RI itu adalah potensi terjadinya politik uang.

Ia menegaskan Bawaslu beserta jejeran di wilayah itu sudah diinstruksikan agar maksimal dalam pengawasan, sehingga PSU tidak dicoreng oleh politik uang.

Sementara itu Penjabat Wali Kota Padang, Andree Algamar mengatakan ada sejumlah tempat pemungutan bunyi (TPS) di Kota Padang nan dikunjungi, di antaranya TPS 15 Kelurahan Purus Kecamatan Padang Barat, dan TPS 56 Kelurahan Parupuk Tabing Kecamatan Koto Tangah.

Menurutnya, pemantauan ini dilakukan dalam rangka memastikan penyelenggaraan PSU berjalan aman, tertib dan kondusif, sekaligus sebagai corak support dari pemerintah kota setempat kepada KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara PSU DPD-RI.

"Kami berambisi PSU ini melangkah aman, lancar dan banyak penduduk Kota Padang nan datang ke TPS untuk menunaikan kewenangan pilihnya," katanya.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Padang telah memberikan support penuh terhadap penyelenggaraan PSU ini. Pemerintah Kota Padang juga ikut mensosialisasikan penyelenggaraan PSU DPD-RI kepada masyarakat.

"Kita juga sudah mengeluarkan surat info tentang PSU ini. Kita meminta seluruh ASN dan non ASN beserta keluarganya serta penduduk Kota Padang untuk datang ke TPS dan menggunakan kewenangan pilihnya. Kemudian meminta kepada camat untuk melakukan pengawasan terhadap PSU ini," katanya.

(Antara/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional