Ketua Lembaga Adat Papua Lenis Kogoya Diberi Pangkat Letkol Tituler

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 19 Jul 2024 09:33 WIB

Ketua Lembaga Masyarakat Adat Papua Lenis Kogoya mendapatkan pangkat Letnan Kolonel (Letkol) tituler dari TNI. Ketua Lembaga Masyarakat Adat Papua Lenis Kogoya mendapatkan pangkat Letnan Kolonel (Letkol) tituler dari TNI. CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Lembaga Masyarakat Adat Papua Lenis Kogoya mendapatkan pangkat Letnan Kolonel (Letkol) tituler dari TNI.

Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen Nugraha Gumilar mengatakan pemberian pangkat letkol tituler kepada Lenis telah melalui proses panjang.

"Pemberian pangkat tituler melalui proses panjang dan litpers (penelitian personel) di BAIS (Badan Intelijen Strategis)," kata Nugraha saat dikonfirmasi, Jumat (19/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Gumilar juga menyatakan pemberian pangkat tituler itu telah sesuai patokan nan berlaku, di antaranya Pasal 27 ayat 2 huruf c UU nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.

"PP 39 tahun 2010 tentang manajemen prajurit TNI dan Perpang TNI Nomor 50 tahun 2015 tentang kepangkatan prajurit TNI," ujarnya.

Ia menjelaskan dengan pangkat tituler itu, Lenis menjabat sebagai Perwira Menengah Mabes TNI untuk penugasan di lingkungan Kemhan RI.

"Dengan kedudukan Pamen Mabes TNI (untuk penugasan di lingkungan Kemhan RI), dalam rangka mendukung pembangunan dan pengembangan masyarakat wilayah timur, khususnya Papua," katanya.

Pangkat tituler adalah pangkat nan diberikan kepada penduduk negara nan sepadan dengan kedudukan keprajuritannya. Jabatan nan dipangku orang dengan pangkat tituler, serendah-rendahnya Letnan Dua.

Setelah nan berkepentingan tidak lagi memangku kedudukan keprajuritan, maka pangkat nan berkarakter tituler dicabut.

Pangkat tituler diberikan kepada penduduk negara nan diperlukan dan bersedia untuk menjalankan tugas kedudukan keprajuritan tertentu di lingkungan TNI.

(yoa/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional