Ketua Relawan Prabowo BRIM 08 Jatim Dipecat Usai Dukung Risma-Hans

Sedang Trending 3 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya, CNN Indonesia --

Kelompok Relawan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, DPP Barisan Relawan Indonesia Maju alias BRIM-08 melalui Ketua Umum Irfan Fauzi dan Sekjen Prifko Yuhady, resmi memecat Ketua DPD BRIM-08 Jawa Timur, Muji Hartono.

Tak hanya dipecat, DPD BRIM-08 Jatim juga dibekukan. Hal itu diputuskan DPP BRIM-98 usai Muji dan jajarannya menyatakan support ke paslon nomor urut 3 Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta (Risma-Gus Hans) di Pilgub Jatim 2024.

Pemecatan ini berasas Surat Keputusan Ketua Umum BRIM-08, Nomor 03/SKKU-BRIM-08/IX/2024 tentang Pencabutan Surat Ketua Umum Nomor 01.002/SK-PD/BRIM08/X/2023 tentang Susunan Kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah BRIM-08 Provinsi Jawa Timur Periode 2023-2024. Surat ini dikeluarkan tanggal 26 September 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam surat itu, jelas disebutkan pemecatan Muji dan pembekuan sementara kepengurusan DPD Jatim dilakukan menangggapi langkah support dan deklarasi DPD BRIM-08 Jatim terhadap paslon nomor urut 3, Risma-Gus Hans, 23 September 2024 di Bober Cafe, area Jemursari, Surabaya.

"Langkah support dan deklarasi BRIM-08 DPD Jatim dilakukan tanpa sepengetahuan dan koordinasi dengan DPP BRIM-08," kata Ketua Umum BRIM-08, Irfan Fauzi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/9).

BRIM-08, kata Irfan, bakal selalu mendukung dan tetap tegak lurus terhadap pasangan Prabowo-Gibran sebagai penerus program-program pembangunan dari Presiden Joko WIdodo. Di Pilgub Jatim, barisan Koalisi Indonesia Maju (KIM) nan mendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024, mengusung duet cagub-cawagub petahana Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak.

"BRIM-08 dalam rangkaian pilkada di Indonesia pada umumnya dan di Jawa Timur pada khususnya, bakal selalu berada pada partai-partai dan pasangan alias tokoh nan didukung dan mendukung Prabowo-Gibran pada saat Pilpres 2024 dilaksanakan," ucapnya.

Irfan mengatakan DPP BRIM-08 telah berupaya melakukan koordinasi dan obrolan kepada Ketua DPD BRIM-08 Jawa Timur, mengenai tindakannya nan dapat dianggap melanggar kebijakan dan peraturan organisasi BRIM-08.

"Dalam tanggapannya, Ketua DPD BRIM-08 Jawa Timur, Muji Hartono menyampaikan bahwa dia bersedia untuk dipecat dari organisasi BRIM-08 atas tindakannya tersebut," ujarnya.

Atas dasr itu, kata Irfan, DPP BRIM-08 memutuskan terhitung sejak tanggal 26 September 2024, DPP BRIM-08 menyatakan mencabut surat mandat dan alias memecat Muji Hartono sebagai Ketua BRIM-08 DPD Jatim.

Mereka juga meminta Muji Hartono untuk tidak lagi menggunakan atribut BRIM-08 dan alias mengatasnamakan BRIM-08 dalam mengkampanyekan dukungannya kepada paslon nomor urut 3 Risma-Gus Hans.

"Apabila setelah surat pencabutan mandat ini dikeluarkan, nan berkepentingan dan alias kelompoknya dan alias jaringannya tetap menggunakan atribut BRIM-08 dalam menyatakan dukungannya kepada paslon tersebut, maka BRIM-08 sebagai organisasi nan didirikan dengan payung norma nan memadai, bakal melakukan tindakan norma nan dianggap perlu," ujar Irfan.

Sebelumnya, salah satu golongan relawan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nan mengatasnamakan dirinya BRIM-08 menyatakan support ke Calon Gubernur-Wakil Gubernur nomor urut 3 Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta (Risma-Gus Hans) pada Pilgub Jatim 2024.

Ketua DPD BRIM 08 Jatim Muji Hartono mengatakan, support terhadap Risma-Gus Hans tersebut merupakan aspirasi DPC BRIM 08 di kabupaten/kota se-Jatim.

"Deklarasi BRIM 08 Jatim bukan memandang dari siapa pendukung partainya. Namun, kami memandang sosok beliaunya (Risma) nan pandai dan tegas, akhirnya kita merapat ke semua ke Ibu Risma," kata Muji, Selasa (23/9) malam.

Muji mengatakan, walaupun pihaknya mendukung sosok Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024 lalu, perihal itu tidak menjadi halangan sama sekali untuk menyatakan support kepada Risma. Sebab, menurut mereka sosok Risma nan layak untuk memimpin Provinsi Jawa Timur.

"Kami menampung aspirasi dari 21 DPC kabupaten alias kota se-Jatim dan menyatakan support terhadap Bu Risma," tegasnya.

Usai deklarasi ini, Muji mengatakan, pihaknya bakal menginstruksikan koordinator BRIM 08 di tingkat kecamatan dan ranting untuk mengenalkan sosok Risma-Gus Hans hingga ke pelosok desa.

(frd/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional