Ketum PBNU Ungkap Gerakan Lobi-lobi Israel di Indonesia

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 17 Jul 2024 06:45 WIB

Ketua Umum PBNU Yahya Staquf menyebut kelima nahdliyin diajak oleh sebuah lembaga swadaya masyarakat nan berisi advokat pro Israel. Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf mengungkap aktivitas lobi-lobi Israel di Indonesia menyusul lima orang nahdliyin dari beragam organisasi NU berjumpa Presiden Israel Isaac Herzog. (CNN Indonesia/Tunggul)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf mengungkap aktivitas lobi-lobi Israel di Indonesia menyusul lima orang nahdliyin dari beragam organisasi NU berjumpa Presiden Israel Isaac Herzog.

Yahya menyebut kelima nahdliyin itu diajak oleh sebuah lembaga swadaya masyarakat nan berisi advokat pro Israel.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jadi memang ada di mana-mana di bumi ini, NGO nan memang beraksi sebagai advokat Israel. Jadi nan membantu gambaran Israel, melobi untuk kepentingan Israel dan sebagainya. Ini nan membujuk dan konsolidasikan mereka," kata Yahya saat konvensi pers di Gedung PBNU, Jakarta, Selasa (16/7).

Yahya mengatakan praktek itu sering sekali terjadi dan tak terbatas hanya di Indonesia melainkan juga di negara-negara lain.

Ia menduga mungkin Israel mulanya tak mengira bahwa cara itu tidak bakal menimbulkan masalah. Namun, realita menunjukkan sebaliknya.

"Israel itu berambisi ini anak-anak ini bisa membantu Israel untuk menyebarkan artikulasi-artikulasi nan sesuai dengan kepentingan Israel," ujarnya.

Yahya menyesalkan tindakan lima nahdliyin berkunjung ke Israel nan akhirnya juga menyeret PBNU. Ia menegaskan PBNU sama sekali tak terlibat dan tahu menahu perihal tersebut.

"Bahkan lembaga saja nan tidak tahu apa-apa ikut kena seret. Kenapa? ya lantaran salah urus gitu, jadi ini lantaran salah urus, kan enggak betul caranya," ujarnya.

Sebelumnya, foto lima nahdliyin berjumpa dengan Presiden Israel Isaac Herzog tersebar di media sosial. Pertemuan itu menuai kecaman luas dari publik.

Kelima nahdliyin itu di antaranya; Zainul Maarif, Munawir Aziz, Nurul Bahrul Ulum, Syukron Makmun dan Izza Annafisah Dania. Belum jelas kapan pertemuan tersebut terjadi.

PBNU mengecam keras tindakan mereka. Ketua PBNU Ulil Abshar Abdalla menganggap pertemuan nahdliyin di tengah agresi Israel ke Palestina itu sebagai sebuah tindakan nan tidak dapat diterima.

Israel sekarang tetap gencar melancarkan agresi hingga tindakan genosida ke Jalur Gaza Palestina nan menelan banyak korban sipil tewas.

(mnf/rzr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional