Khofifah Tetap Buka Opsi Didukung PKB di Pilkada Jatim 2024

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tak menutup pintu bagi PKB jika mau memberikan support di Pilkada Jatim 2024.

Namun, Khofifah menyatakan sekarang dia tetap memprioritaskan kerja sama Koalisi Indonesia Maju di Pilpres 2024 untuk bersambung di pilkada. Menurutnya baru empat partai KIM nan telah memastikan support terhadapnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Possibility ada, jadi partai menurut saya klaster satu fixed bahwa partai-partai nan ada di dalam Koalisi Indonesia Maju sudah memberikan dukungan, itu klaster satu," kata Khofifah usai datang di Rakornas PAN, Jakarta, Jumat (10/5).

Lalu, parpol klaster dua ialah partai politik nan telah menjalin komunikasi menjelang Pilkada Jatim 2024 ialah PDIP, PSI, dan PPP.

"Klaster tiga ini nan belum tersambung komunikasinya, jadi secara sah ini klaster pertama kudu dibangun solidaritasnya semaksimal mungkin," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar namalain Cak Imin menyatakan partainya terbuka jika Khofifah mau maju sebagai Cagub Jatim lewat PKB.

Namun, dia juga menegaskan hingga sekarang tetap belum menjalin komunikasi dengan Khofifah soal itu.

"Kalau [Khofifah] daftar kami sambut dengan baik. Komunikasi belum ada," kata Cak Imin, di sela aktivitas pembekalan bakal calon kepala wilayah (bacakada) PKB di Pilkada Jawa Timur 2024, di Hotel Vasa Surabaya, Sabtu (4/5).

Terpisah, Wasekjen PKB Syaiful Huda menyatakan partainya bakal mengusung kader internal untuk maju dalam Pilkada Jawa Timur 2024.

"Bakal usung internal. Sosoknya sudah ada sebenarnya, ketum kan sudah bilang tuh. Ya tunggu saja. Bisa wanita biar sama-sama perempuan. Ya bisa laki-laki agar antara laki-laki dan perempuan. Mbak Khofifah perempuan, kita laki-laki calon gubernur," kata Huda.

Huda menyebut hingga saat ini sudah ada beberapa partai politik nan berkomunikasi dengan PKB untuk membangun poros pada Pilkada Jawa Timur mendatang.

"Sementara ini opsi kami bakal membikin poros di luar Mbak Khofifah," tuturnya.

(mnf/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional