Klaim Istana: Ormas Antre Minta Ikut Upacara 17 Agustus di IKN

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 06 Agu 2024 08:50 WIB

Menteri Sekretaris Negara menyatakan sejumlah ormas beramai-ramai meminta ikut upacara 17 Agustus ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim. Istana klaim ormas beramai-ramai minta ikut upacara 17 Agustus di IKN. (ANTARA FOTO/MENTARI DWI GAYATI)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyatakan sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) beramai-ramai meminta ikut upacara 17 Agustus ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Pratikno tak menyebut ormas mana saja nan sudah meminta. Namun, dia menyebut sebagian adalah ormas sosial keagamaan.

"Kami tuh di Setneg menerima banyak surat, permintaan untuk ikut upacara di IKN. Itu mulai surat resmi sampai surat informal," kata Pratikno di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (5/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pratikno menyampaikan pihaknya tak bisa mengakomodasi semua permintaan itu. Tempat untuk upacara di IKN tahun ini terbatas.

"Ya kan enggak semuanya enggak kudu dituruti. Banyak sekali nan minat ke IKN, banyak sekali," ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah menetapkan upacara peringatan HUT kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia digelar di dua tempat, ialah IKN dan Jakarta.

Upacara dengan tata langkah militer digelar di Istana Kepresidenan IKN. Presiden Jokowi menjadi pengawas upacara ini. Sekitar 1.000 orang undangan bakal datang di upacara pengibaran bendera, sedangkan 1.000 orang lainnya datang di upacara penurunan bendera.

Sementara itu, upacara di Istana Merdeka hanya bakal mengikuti prosesi di IKN. Upacara di letak ini lebih banyak diisi oleh intermezo selepas upacara. Istana menyediakan 1.500 undangan untuk pagi dan 1.500 undangan untuk sorr hari.

(dhf/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional