Komisi VIII Akan Surati Kapolri Minta Atensi Khusus soal Tewasnya Afif

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 08 Agu 2024 01:43 WIB

Komisi VIII DPR RI meminta Kapolri memberikan perhatian unik atas kasus kematian siswa SMP Sumatera Barat, Afif Maulana, diduga disiksa personil polda. Komisi VIII DPR RI meminta Kapolri memberikan perhatian unik atas kasus kematian siswa SMP Sumatera Barat, Afif Maulana, diduga disiksa personil polda. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi bakal menyurati Kapolri Jenderal Listyo Sigit untuk memberi perhatian unik atas kasus tewasnya siswa SMP berumur 13 tahun, Afif Maulana, di Sumatra Barat.

Ia menyampaikan itu usai menggelar audiensi dengan Koalisi Advokat Anti Penyiksaan dan KPAI dengan Komisi VIII DPR RI di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (7/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Komisi VIII juga bakal menindaklanjuti hasil audiens ini untuk menyampaikan kepada pihak-pihak terkait, termasuk kepada Komisi III dan memberi tembusan surat kepada Bapak Kapolri untuk memberi perhatian unik terhadap kasus ini," kata Kahfi di dalam rapat.

Kahfi juga mendukung KPAI untuk menindaklanjuti kasus ini hingga ke abdi negara kepolisian agar segera mengambil tindakan.

Pada saat nan sama, Wakil Ketua Komisi VIII Diah Pitaloka sedih atas kasus ini. Ia meminta agar proses penegakan norma di Indonesia jauh dari dugaan budaya kekerasan.

"Apalagi ini anak-anak gitu ya. Anak-anak itu pendekatan hukumnya kudu khusus," ucap Diah.

Afif sebelumnya ditemukan tewas dengan kondisi luka lebam di bawah jembatan Batang Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat, pada Minggu (9/6) siang.

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang menduga korban meninggal bumi lantaran disiksa personil Sabhara Polda Sumbar nan sedang melakukan patroli pencegahan tawuran.

Buntut peristiwa ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan tim dari Mabes Polri untuk ikut mengecek pengusutan kasus dugaan penganiayaan oleh personil Polda Sumatera Barat terhadap siswa Afif hingga tewas.

(mnf/rds)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional