KPK Bicara Peluang Panggil Jokowi Terkait Dugaan Gratifikasi Kaesang

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut ada kemungkinan mereka memanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kasus dugaan gratifikasi putra bungsu sekaligus Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan menyebut demikian lantaran dalam blangko nan diisi dan diserahkan Kaesang ke KPK, Kaesang menuliskan dirinya sebagai anak dari penyelenggara negara (PN).

"Ya ada lah [kemungkinan memeriksa Jokowi], namanya belum tentu kan bisa jadi iya bisa jadi enggak gitu ya," kata Pahala di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi alias Gedung Lama KPK, Kuningan, Jakarta Selatan (17/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun demikian, Pahala tidak mau memperkirakan lebih lanjut mengenai kesempatan pemanggilan Kepala Negara ke KPK.

"Tapi enggak spekulasi lah nan gitu-gituan, kita lihat saja gitu. Kalau memang perlu," imbuhnya.

Pahala menyebut saat ini menurutnya nan terpenting KPK menggali info mengenai pemilih jet pribadi nan dipakai Kaesang untuk terbang ke Amerika Serikat (AS) Agustus lalu.

Kaesang sejauh ini menurutnya hanya memberikan keterangan bahwa dirinya ikut alias nebeng temannya nan berinisial Y. Perihal info lanjutan, KPK menurutnya tetap bakal mengkonfirmasi dalam sepekan ini.

Adapun dalam pesawat jet itu, Kaesang pergi berbareng Istrinya, Erina Gudono. Kemudian kakak Erina dan staff.

Saat ditanya perihal kawan Kaesang berinisial Y nan tidak ikut dalam satu pesawat jet, Pahala menyebut perihal itu bakal dikonfirmasi lebih lanjut, salah satunya kepada Y sendiri.

"Nanti kan kita tanya nih sama temannya nan ditulis kan cuman nebeng teman, kelak kita tanya. Kan beliau bersedia memberikan info tambahan," ujar Pahala.

Kaesang sebelumnya datang ke KPK pada hari ini, Selasa (17/9). Ia didampingi Jubir Francine Widjojo, Kuasa Hukum Nasrullah, dan Wakil Menteri ATR/BPN sekaligus Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni.

Dalam perihal ini, Kaesang terseret kasus dugaan gratifikasi lewat akomodasi jet pribadi. Dugaan gratifikasi itu mulanya terungkap dari unggahan Erina di akun IG @erinagudono.

Erina membagikan foto perjalanannya ke AS dan style hidup mewahnya saat tiba di sana. Pesawat nan digunakan Erina dan Kaesang diduga merupakan jet pribadi lantaran mempunyai corak jendela pesawat nan berbeda dari biasanya.

Sejumlah pihak menduga Kaesang menggunakan jet pribadi Gulfstream G650E milik Garena, perusahaan asal Singapura.

(khr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional