KPK: Kaesang Nebeng Jet Pribadi ke AS dengan Teman Inisial Y

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan Kaesang Pangarep ikut serta namalain nebeng jet pribadi menuju Amerika Serikat (AS) dengan kawan berinisial Y. Kaesang berangkat ke AS berbareng sang istri, Erina Gudono, pada 18 Agustus 2024.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan menyebut temuan itu didapatkan dari keterangan Kaesang saat memberikan penjelasan di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi alias Gedung Lama KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/9).

"Enggak disebut perincian siapa, hanya nama gitu ya, kami enggak enggak tahu. Inisial Y," kata Pahala.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pahala belum bisa memberikan perincian soal sosok tersebut lantaran KPK tetap bakal mendalami lebih lanjut. Ia pun apalagi tak mengetahui apakah Y merupakan WNI alias WNA.

Selain itu, Pahala juga belum mengetahui pasti siapa pemilik jet pribadi nan membawa putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu ke AS.

"Tapi kita enggak tahu nih, betul enggak nama lengkapnya ini, siapa ini orang, WNI alias WNA alias apa gitu. Dibilang pesawat punya siapa juga kelak kita konfirmasi lagi," ucapnya.

Pahala menegaskan Kaesang hanya melaporkan bahwa dia ikut dengan temannya saat ke AS. KPK bakal mengkonfirmasi info itu dalam sepekan ini.

Adapun dalam pesawat jet itu ada Kaesang, Erina, kakak Erina, dan staf. Pahala pun menyatakan KPK juga bakal mengonfirmasi kepada Y apakah dia ikut dalam pesawat jet pribadi itu alias tidak.

"Nanti kan kita tanya nih sama temannya nan ditulis kan cuman nebeng teman, kelak kita tanya. Kan beliau bersedia memberikan info tambahan," ujar Pahala.

Kaesang datang ke KPK didampingi Jubir Francine Widjojo, Kuasa Hukum Nasrullah, dan Wakil Menteri ATR/BPN sekaligus Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni.

Kaesang terseret kasus dugaan gratifikasi lewat akomodasi jet pribadi. Dugaan gratifikasi itu mulanya terungkap dari unggahan Erina di akun IG @erinagudono.

Erina membagikan foto perjalanannya ke AS dan style hidup mewahnya saat tiba di sana. Pesawat nan digunakan Erina dan Kaesang diduga merupakan jet pribadi lantaran mempunyai corak jendela pesawat nan berbeda dari biasanya.

Sejumlah pihak menduga Kaesang menggunakan jet pribadi Gulfstream G650E milik Garena, perusahaan asal Singapura.

(khr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional