KPK Lelang Ruko di Depok Hasil Rampasan Terpidana Eks Wakil Rektor UI

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 01 Jul 2024 14:43 WIB

KPK melelang peralatan rampasan berupa ruko di Depok milik terdakwa Tafsir Nurchamid. KPK melelang peralatan rampasan berupa ruko di Depok milik terdakwa Tafsir Nurchamid. (Dok KPK)

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal melaksanakan lelang peralatan rampasan negara berupa satu unit ruko nan berlokasi di Kota Depok, Jawa Barat. Barang rampasan dengan nilai batas lelang Rp1,2 miliar tersebut merupakan peralatan rampasan atas nama terdakwa Tafsir Nurchamid.

"Lelang bakal dilakukan melalui internet (open bidding) dengan perantaraan KPKNL Bogor pada 17 Juli 2024," ujar Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto melalui keterangan tertulis, Senin (1/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tessa menjelaskan syarat, penjaminan, dan info selengkapnya dapat diakses melalui laman resmi KPK. Adapun syarat lelang dimaksud di antaranya calon peserta lelang mendaftarkan diri dan mengaktifkan akun pada portal.lelang.go.id.

Syarat dan ketentuan serta tata langkah mengikuti lelang dapat dilihat pada menu "Tata Cara dan Prosedur" dan "Panduan Penggunaan" pada alamat website tersebut.

Calon peserta lelang diwajibkan untuk mengetahui dan menyetujui segala aspek legal dari objek nan dilelang sesuai apa adanya (kondisi "dijual apa adanya sebagaimana apa adanya, senyatanya tersebut").

Pemenang lelang kudu melunasi nilai pembelian dan biaya lelang sebesar 2 persen dari pokok lelang (harga penawaran) melalui Virtual Account pemenang lelang paling lambat lima hari kerja setelah penyelenggaraan lelang, jika tidak dipenuhi maka dinyatakan batal dan wanprestasi serta duit agunan disetorkan ke kas negara sebagai penerimaan lain-lain.

Terpidana Tafsir Nurchamid adalah mantan Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Administrasi Umum Universitas Indonesia (UI).

Tafsir dinyatakan bersalah merugikan finansial negara dalam tindak pidana korupsi mengenai proses penganggaran serta pengadaan peralatan dan jasa proyek instalasi prasarana teknologi info gedung Perpustakaan UI tahun 2010-2011.

(ryn/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional