KPK Sidak Penerimaan Mahasiswa Baru Sejumlah Perguruan Tinggi

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 30 Jul 2024 16:59 WIB

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan aktivitas inspeksi mendadak (sidak) mengenai seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi. KPK melakukan sidak di 2 perguruan tinggi Jawa Tengah, BSKAP Kemendikbudristek, dan BP3. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan aktivitas inspeksi mendadak (sidak) mengenai seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi sebagai bagian dari penyelenggaraan pelayanan publik, Selasa (30/7).

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menjelaskan sidak tersebut bermaksud untuk memberikan pengaruh kejut kepada instansi/unit kerja penyelenggara pelayanan publik sebagai langkah perbaikan ke depan.

"Sidak dilakukan di Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3), Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek, serta dua perguruan tinggi di wilayah Jawa Tengah dengan mengambil info penerimaan mahasiswa baru tahun 2024," ujar Ghufron melalui keterangan tertulis, Selasa (30/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia mengatakan info nan diperoleh dalam sidak bakal dilakukan kajian dan langkah-langkah perbaikan bakal dibahas berbareng dengan Kemendikbud. KPK dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah sepakat untuk menjadikan aktivitas sidak tersebut sebagai momentum perbaikan pada sektor pendidikan.

"Di mana aktivitas ini dilatari tetap adanya pengaduan dugaan tindak pidana korupsi dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru serta banyaknya pemberitaan mengenai manipulasi penerimaan mahasiswa baru nan cukup memprihatinkan," ucap Ghufron.

Ghufron menambahkan KPK melalui kegunaan pencegahan dan monitoring telah melakukan perbaikan pascapenindakan kasus suap di Universitas Lampung (Unila) pada Agustus 2022 lalu.

KPK, lanjut Ghufron, menyadari sektor pendidikan mempunyai kegunaan strategis dalam pembangunan sumber daya manusia suatu bangsa. Melalui sektor pendidikan, karakter integritas dan cinta tanah air ditanamkan kepada peserta didik mulai dari jenjang PAUD hingga perguruan tinggi.

"Sehingga KPK melalui pendekatan edukasi juga intens melakukan beragam upaya sosialisasi, kampanye, juga insersi kurikulum pendidikan antikorupsi, serta penguatan integritas kampus," ucap dia.

Ghufron berambisi lembaga pendidikan tinggi bisa menjadi mesin pencetak karakter sumber daya manusia nan berintegritas. Namun, dia tak menutup mata dalam menyelenggarakan fungsinya, lembaga pendidikan tinggi tidak terlepas dari tindakan koruptif.

"Oleh karenanya KPK tidak bakal menutup kemungkinan melakukan upaya penindakan jika dari info dan info nan diperoleh cukup mengindikasikan adanya dugaan tindak pidana korupsi," tuturnya.

(ryn/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional