KPK soal Jet Pribadi Kaesang: 2 Laporan Lagi Ditelaah Direktorat PLPM

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 06 Sep 2024 18:22 WIB

KPK ungkap ada dua laporan mengenai jet pribadi Kaesang putra Jokowi nan sedang ditelaah Direktorat Penerimaan Layanan Pengaduan (PLPM). KPK usut kasus dugaan gratifikasi Kaesang putra Jokowi di kasus jet pribadi. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengatakan ada dua laporan mengenai jet pribadi putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep yang sedang ditelaah Direktorat Penerimaan Layanan Pengaduan (PLPM).

"Kita tunggu saja, kan ada dua laporan, dan itu sudah diterima PLPM dan PLPM sudah menindaklanjuti, menelaah," kata Alex di Jakarta Selatan, Jumat (6/9).

Ia mengatakan tidak semua laporan nan telah ditelaah PLPM diteruskan kepada Direktorat Penindakan. Oleh karenanya, dia meminta semua pihak menunggu proses penelaahan tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tidak semuanya alias kudu disampaikan ke Direktorat Penindakan, ada nan Direktorat Koordinasi dan Supervisi (Korsup), ada nan Direktorat Pencegahan, tergantung kelak persoalan gimana. Makanya kita tunggu saja," ujarnya.

Dalam laporan terhadap Kaesang itu, Alex memastikan tidak ada intervensi dari pihak luar terhadap KPK.

"Kita lihat hasil dari telaah laporan masyarakat oleh Direktorat PLPM," ujarnya.

Sebelumnya, Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dan Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidilah Badrun melaporkan dugaan gratifikasi Kaesang Pangarep ke KPK.

Laporan itu dibuat usai mencuat berita Kaesang dan istrinya Erina Gudono menggunakan pesawat jet pribadi ke Amerika Serikat. Penelusuran lebih lanjut mengungkap dugaan jet pribadi itu milik salah satu perusahaan asal Singapura.

Sejauh ini, Kaesang belum merespons soal jet pribadi ini. Belakangan, dia muncul ke publik namun tutup mulut ketika ditanya mengenai perihal tersebut.

(yoa/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional