KPK soal Umumkan Dugaan Gratifikasi Jet Kaesang: Enggak Ada Target

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 10 Okt 2024 21:14 WIB

Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango tak memasang sasaran penyelesaian laporan dugaan gratifikasi pesawat jet pribadi Ketum PSI Kaesang Pangarep. KPK respons perkembangan kasus dugaan gratifikasi Kaesang putra Jokowi. (AFP/BAY ISMOYO)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango menegaskan tak ada sasaran tertentu bagi KPK untuk mengumumkan temuannya mengenai dugaan gratifikasi berupa akomodasi pesawat jet pribadi nan diterima Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep.

"Enggak ada target-target," ujar Nawawi saat ditemui di Hotel Morrissey, Jakarta Pusat, Kamis (10/10).

Nawawi menjelaskan hingga saat ini KPK belum mempunyai temuan final mengenai kasus putra Presiden Joko Widodo itu. Ia hanya mengatakan laporan itu sedang diproses oleh Direktorat Layanan Pengaduan Masyarakat (PLPM) KPK.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Direktorat PLPN tetap terus bekerja untuk urusan itu. Kita belum dapat lagi kapan hasil itu bakal mereka (Direktorat PLPM) ajukan," katanya.

Di sisi lain, Nawawi membantah ada saling memerintah antara ketua KPK dan Deputi Pencegahan KPK mengenai kasus dugaan gratifikasi ini.

Menurut Nawawi, para ketua KPK telah sepakat agar Direktorat PLPM KPK melanjutkan telaah kasus tersebut.

"Yang kita sepakati waktu itu kita baru sementara meneruskan telaah nan dilakukan oleh pencegahan itu kita teruskan ke Direktorat PLPM nan kebetulan menangani pelaporan nan berasosiasi dengan itu," ujarnya.

Sebelumnya, pihak Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dan Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun melaporkan Kaesang ke KPK atas dugaan tindak pidana korupsi berupa penerimaan gratifikasi penggunaan akomodasi jet pribadi. Laporan dilayangkan pada 28 Agustus 2024 lalu.

Kaesang telah melaporkan dugaan gratifikasi tersebut ke KPK pada Selasa (17/9) lalu.

Kaesang sempat mengakui naik jet pribadi untuk perjalanan ke Amerika Serikat (AS) berbareng istrinya, Erina Gudono, pada 18 Agustus 2024. Kakak Erina dan seorang stafnya ikut dalam perjalanan itu.

Kaesang mengatakan sebetulnya tak sengaja naik jet pribadi. Awalnya, dia mau naik pesawat komersial. Namun, akhirnya dia ikut serta namalain nebeng dengan temannya di jet pribadi itu.

(rzr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional