KPK Sudah Terima Laporan soal Dugaan Gratifikasi Bobby Nasution

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 06 Sep 2024 19:20 WIB

Jubir KPK Tessa Mahardhika Sugiarto mengatakan salah satu laporan tersebut mengenai dugaan gratifikasi berupa penggunaan akomodasi pesawat jet pribadi. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menerima laporan dari masyarakat mengenai dugaan tindak pidana korupsi nan menyeret Wali Kota Medan Bobby Nasution. (Dok. Istimewa)

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menerima laporan dari masyarakat mengenai dugaan tindak pidana korupsi nan menyeret Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto mengatakan salah satu laporan tersebut mengenai dugaan gratifikasi berupa penggunaan akomodasi pesawat jet pribadi nan beberapa hari terakhir ramai di media sosial.

"Kalau (laporan) per kapan, saya tidak bisa buka, tapi info nan kami dapatkan ada," ujar Tessa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (6/9) petang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tessa mengatakan laporan mengenai jet pribadi telah dilimpahkan tim Direktorat Gratifikasi ke Direktorat Penerimaan Layanan dan Pengaduan Masyarakat (PLPM).

"Ya per hari ini saya mendapatkan info bahwa penanganan dugaan gratifikasi kerabat BN [Bobby Nasution] itu sudah difokuskan dan dilakukan di Direktorat PLPM juga," tutur dia.

Tessa menambahkan perihal tersebut sama halnya dengan penanganan laporan mengenai dugaan gratifikasi penggunaan akomodasi pesawat jet pribadi nan menyeret Kaesang Pangarep nan merupakan anak bungsu dari Presiden Joko Widodo.

Kaesang dilaporkan oleh Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dan Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidilah Badrun.

Tessa mengatakan pihaknya bakal menyusun agenda untuk menjelaskan pelapor untuk selanjutnya kemungkinan diikuti oleh terlapor.

Bobby Nasution sebelumnya menjadi sorotan setelah foto berbareng sang istri Kahiyang Ayu naik jet pribadi viral di media sosial.

Dalam foto nan beredar, letak pesawat jet pribadi berada di jejak Bandara Polonia Medan, nan sekarang berganti menjadi Lanud Soewondo.

Mantu Presiden RI Jokowi itu membenarkan pernah naik jet pribadi. Namun, Bobby tidak menjelaskan secara gamblang apakah jet nan dinaikinya sesuai dengan foto nan beredar.

"Semua kita (pernah) naik pesawat," ujar Bobby, Selasa (3/9) malam.

Namun begitu, Bobby mempersilakan masyarakat untuk mengecek asal-usul duit nan digunakan mengenai jet pribadi nan pernah dinaikinya.

"Coba lihat tanggalnya berapa? Punya siapa pesawatnya? Pakai biaya siapa? Kalaupun itu kita punya sendiri, walaupun itu sewa, duit dari mana? Silakan dicek," tegas Bobby.

(ryn/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional