KPU Bakal Gelar Debat Pilgub Bali November, Dipusatkan di Denpasar

Sedang Trending 3 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

Denpasar, CNN Indonesia --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali menyiapkan enam materi tema debat dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bali di Pilkada 2024 dan nantinya bakal dilakukan tiga kali debat pada November mendatang.

Semuanya bakal digelar di Denpasar selaku ibu kota provinsi Bali.

Komisioner KPU Bali I Gede Jhon Darmawan mengatakan ada enam tema nan telah disiapkan KPU Bali, dan nantinya bakal dilakukan debat selama tiga kali. Lalu, dalam satu kali debat ada dua materi tema nan bakal dibahas oleh para kandidat calon nan maju di Pilgub Bali.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tema sudah ada kelak tiga kali debat. Karena tiga kali debat kelak ada dua tema dalam sekali debat," kata Jhon saat dihubungi, Senin (7/10).

Sementara, untuk debat Pilgub rencananya bakal digelar pada November 2024. Tiga arena debat pilgub itu ditempatkan alias dipusatkan di Kota Denpasar, dan tidak berpindah-pindah ke kabupaten-kabupaten di Bali.

"Awal debat rencananya dimulai tanggal 23 Oktober 2024, dan tadi ada wacana lantaran terlalu mepet makanya kita bakal mundur. Kayaknya diambil di Bulan November 2024 semua. Tempatnya berpusat di Denpasar, tidak berpindah-pindah," kata Jhon.

Kemudian, untuk skema debat di Pilgub Bali hingga saat ini tetap dirancang dan untuk pendapat awal memang konsepnya menyerupai paruman di desa budaya Bali sebagai corak kearifan lokal Bali.

"Skema debat tetap belum dan tetap dirancang. (Kalau konsep Paruman ) itu baru pendapat nan coba kita sampaikan tetapi kelak kita lihat perkembangan terakhir, kelak seperti apa," ungkapnya.

Ia menyebutkan, untuk enam tema debat itu tentu salah satunya menekankan rumor lokal alias domestik nan disinkronisasi ke pembangunan pusat nasional hingga daerah. Nantinya diperdebatkan di debat tahap kedua.

*Proses debat ini kan penajaman visi-misi mereka nan bisa langsung disaksikan oleh masyarakat. nan nanti, dipertajam juga oleh para panelis lewat pertanyaan-pertanyaan, nan juga kelak adu program dan misi antara kedua pasangan calon," ujar John.

Kemudian, untuk enam tema debat untuk di Pilgub Bali nan disiapkan KPU Bali adalah:

1.Meningkatkan kesejahteraan masyarakat;

2. Memajukan daerah

3. Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat

4. Menyelesaikan persoalan daerah

5. Menyerasikan penyelenggaraan pembangunan wilayah kabupaten/kota dan provinsi dengan nasional.

6. Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kebangsaan.

Pada Pilgub Bali 2024 diikuti dua pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Bali. Mereka adalah paslon cagub-cawagub I Made Muliawan Arya-Putu Agus Suradnyana (Mulia-Pas) nomor urut 1 dan paslon cagub-cawagub Wayan Koster-I Nyoman Giri Prasta (Koster-Giri) dengan nomor urut 2.

(kdf/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional