KPU DKI Luncurkan 'Mayor', Maskot untuk Pilgub Jakarta 2024

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta resmi memilih Macan Kemayoran alias disingkat Mayor karya Bambang Gunawan sebagai maskot untuk Pilgub Jakara pada gelaran Pilkada serentrak 2024 ini.

Selain maskot, KPU DKI Jakarta turut meluncurkan jingle nan berjudul "Suara Kita Masa Depan Jakarta" karya Riyan Setiyo Utomo nan nantinya juga bakal digunakan dalam setiap aktivitas sosialisasi Pilkada DKI Jakarta.

Hal itu disampaikan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU DKI Jakarta Astri Megatri saat ditemui di aktivitas peluncuran tahapan Pilkada DKI Jakarta 2024 di Kawasan Monas, Jakarta, Sabtu (25/5) malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Astri menyebut aktivitas ini disiapkan untuk meningkatkan kesadaran atau awareness masyarakat DKI Jakarta mengenai penyelenggaraan pilkada.

"Di aktivitas ini juga kita bakal mengadakan launching untuk maskot dan jingle nan nantinya bakal digunakan dalam setiap aktivitas sosialisasi untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta," ujar Astri di lokasi.

Astri mengungkap maskot dan jingle tersebut merupakan buah sayembara nan dibuka untuk penduduk DKI Jakarta. Ia menyebut ada total 70 karya maskot dan jingle nan masuk pada sayembara ini.

"Maskot dan jingle ini kami dapatkan dari sayembara. Jadi masyarakat DKI Jakarta ini ikut serta dalam sayembara maskot dan jingle. Artinya maskot dan jingle nan dilaunching adalah dari Jakarta, oleh penduduk Jakarta, dan untuk masyarakat Jakarta," jelas dia.

Sosok Mayor nan menjadi maskot merupakan boneka macan berwarna kuning dan kumis berwarna biru.

Mayor tampil mengenakan busana unik Betawi, ialah baju tikim dan celana pangsi berwarna merah. Mayor juga mengenakan peci berwarna merah dengan logo KPU.

Turut dijelaskan bahwa Mayor ini adalah julukan nan diberikan kepada seorang pendekar Betawi nan pemberani berjulukan Murtado.

Pembuat maskot, Bambang Gunawan bercerita buahpikiran Mayor ini turut terinspirasi dari pahlawan Betawi Si Pitung dan Macan Kemayoran.

Pilgub Jakarta rasa pilpres

Di tempat nan sama, Komisioner KPU Pusat, Betty Epsilon Idroos menyebut penyelenggaraan Pilgub Jakarta itu seumpama pilkada rasa pilpres.

"Daerah Khusus Jakarta, ini julukan baru. Sebelumnya adalah Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Daerah Khusus Jakarta nan Pilkadanya selalu Pilkada rasa Pilpres. nan selama ini menjadi pusat atensi, dari sisi politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan," ujar Betty.

"Menjadi pusat penerangan dari semua media massa, termasuk media sosial, media elektronik, dan media cetak lantaran pusatnya ada di kota ini. Daerah Khusus Jakarta sebagai etalase perpolitikan kita," sambung Betty.

Menurut Betty, 27 November 2024 kelak bakal menjadi tonggak sejarah krusial Indonesia, termasuk Jakarta untuk memilih kepala wilayah dan wakil kepala daerahnya.

Pasang mata awasi kecurangan pilkada

Astri meminta masyarakat untuk ikut berperan-serta dalam menjaga dugaan kecurangan pada penyelenggaraan Pilkada 2024.

"Mengenai pertimbangan penyelenggaraan pemilu, mengenai dengan misalnya tadi ada nan dugaan-dugaan kecurangan tersebut, kami membujuk masyarakat untuk aktif melakukan partisipasi dalam corak pengawasan partisipatif," ujar Astri.

Astri menyebut KPU DKI Jakarta telah membuka pendaftaran untuk pemantau Pilkada mulai 27 Februari hingga 16 November.

Tak hanya itu, pendaftaran lembaga survei dan hitung sigap juga telah dibuka.

"Kenapa kami krusial untuk menyosialisasikan perihal ini, lantaran semakin banyaknya pemantau, semakin banyaknya lembaga-lembaga nan ikut dalam pengawasan untuk pilkada, maka pilkada ini bakal semakin berintegritas dan hasilnya transparan," kata dia.

(pop/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional